Ini Kata Menag soal Dukungan Bela Palestina

"Perjuangan membela bangsa Palestina adalah perjuangan kemanusiaan, tidak hanya semata perjuangan agama."

Minggu, 17 Des 2017 20:19 WIB

Massa memadati kawasan Monumen Nasional (Monas) saat Aksi Bela Palestina di Jakarta, Minggu (17/12). (Foto: ANTARA)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}

KBR, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan dukungan terhadap Palestina bukan berdasarkan sudut pandang agama belaka. Menurutnya, perjuangan Bangsa Palestina adalah soal kemanusiaan.

Karenanya, dukungan terhadap perjuangan itu pun datang dari lintas-agama.

"Itulah kenapa tidak hanya umat Islam, karena mayoritas bangsa Indonesia adalah umat Islam, tapi saya menyaksikan langsung, banyak tokoh-tokoh agama lain yang juga memberikan dukungan penuh terhadap upaya pencapaian kemerdekaan bangsa Palestina," kata Lukman di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (15/12) lalu.

"Perjuangan membela bangsa Palestina adalah perjuangan kemanusiaan, tidak hanya semata perjuangan agama. Betul, ada sisi keagamaan yang beririsan dengan perjuangan ini, tapi perjuangan kemanusiaan melintasi semua umat beragama," ucapnya.

Lukman menuturkan, agama yang dianut Warga Palestina beragam di antaranya Islam, Kriten dan Yahudi.

Dia berpandangan, dukungan terhadap kemerdekaan Palestina tersebut sejalan dengan Undang-undang Dasar 1945 yang menyebut kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Sebab hingga kini menurutnya Bangsa Palestina masih mengalami penjajahan.

Baca juga:

Pernyataan Lukman itu berkaitan dengan dukungan dari banyak negara kepada Palestina, termasuk dari Indonesia. Dukungan ini muncul setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Pernyataan Trump dinilai semakin mendorong konflik kemanusiaan di Yerusalem. Bangsa Palestina di sana, terus mendapat penjajahan dari Israel yang mengklaim sebagian besar wilayah Yerusalem.

Di Indonesia, massa mendukung kemerdekaan Palestina melalui pelbagai unjuk rasa. Salah satunya di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat. Dukungan Indonesia kepada Palestina juga muncul dari pernyataan Presiden Joko Widodo.




Editor: Nurika Manan

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

  • Begini Kata Wapres JK soal Ricuh di Mako Brimob
  • Perlambat Izin Usaha, Jokowi Siap Hajar Petugas
  • Kasus Novel Jadi Ganjalan Jokowi pada Pemilu 2019

152 Napiter Mako Brimob Ditempatkan di 3 Lapas Nusakambangan

  • Abu Afif, Napi Teroris dari Mako Brimob Dirawat di Ruang Khusus RS Polri
  • Erupsi Merapi, Sebagian Pengungsi Kembali ke Rumah
  • Jelang Ramadan, LPG 3 Kg Langka di Rembang

Selama ini kita sering mendengar berita mengenai orang yang meninggal akibat penyakit diabetes, sehingga menjadikan diabetes sebagai salah satu penyakit yang ditakuti.