Hari Ini Diuji Coba, Tiket Kereta Bandara 'Sementara' Rp30 Ribu

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan akan mulai melakukan uji coba kereta bandara mulai Selasa (26/12/2017) secara berbayar dengan tarif Rp30 ribu.

Selasa, 26 Des 2017 10:44 WIB

Bagian dalam gerbong kereta bandara dalam uji coba menuju Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (28/11/2017). (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}

KBR, Jakarta - Penyedia jasa Kereta Api Bandara Soekarno Hatta belum memiliki angka pasti tarif yang akan dikenakan, setelah masa uji coba selesai.

Kereta Api Bandara memiliki rute dari Stasiun Sudirman Kota, Jakarta menuju Stasiun Soekarno-Hatta, Tangerang.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan akan mulai melakukan uji coba kereta bandara mulai Selasa (26/12/2017) secara berbayar dengan tarif Rp30 ribu.

"Uji coba berbayar ini Rp30 ribu. Nanti operasionalnya bulan Januari awal. Itu angkanya belum kita tentukan karena masih dalam perhitungan sampai dengan hari ini," kata Edi di Stasiun Gambir, Senin (25/12/2017).

Edi mengatakan penyedia jasa Kereta Api Bandara Soekarno Hatta telah melakukan sinkronisasi perjalanan dengan KRL karena menggunakan lintasan yang sama. Dengan begitu, Edi yakin tidak akan ada gangguan baik KRL maupun kereta bandara.

Untuk sementara kereta bandara akan melayani penumpang di tiga stasiun yaitu Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Soekarno-Hatta. 

Edi menyampaikan saat ini PT KAI belum melayani penumpang dari Stasiun Manggarai, sebab Stasiun Manggarai masih dalam proses pembangunan peron dan jalur kereta api oleh Kementerian Perhubungan. Ia belum mengetahui, kapan proyek di Stasiun Manggarai itu akan selesai.

Kereta Api Bandara Soekarni Hatta merupakan proyek kereta api yang melibatkan 3 pihak yakni PT Kereta Api Indonesia, PT Angkasa Pura II, dan PT Railink.

Kereta bandara dengan waktu tempuh sekitar 55 menit itu rencananya akan melayani 42 perjalanan baik dari Stasiun Sudirman Baru maupun dari Bandara Soekarno Hatta setiap harinya. 

Kereta tersebut nantinya memiliki kapasitas 272 penumpang dengan enam gerbong di tiap rangkaian.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

  • Begini Kata Wapres JK soal Ricuh di Mako Brimob
  • Perlambat Izin Usaha, Jokowi Siap Hajar Petugas
  • Kasus Novel Jadi Ganjalan Jokowi pada Pemilu 2019

152 Napiter Mako Brimob Ditempatkan di 3 Lapas Nusakambangan

  • Abu Afif, Napi Teroris dari Mako Brimob Dirawat di Ruang Khusus RS Polri
  • Erupsi Merapi, Sebagian Pengungsi Kembali ke Rumah
  • Jelang Ramadan, LPG 3 Kg Langka di Rembang