Datangi Mabes TNI, Ini yang Diminta Tito Karnavian

Panglima TNI, Hadi Tjahjanto mengatakan siap membantu Kepolisian dalam berbagai macam tugas

Senin, 11 Des 2017 18:51 WIB

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (tengah) bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kanan) melakukan salam komando usai upacara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12). (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Kepala Kepolisian Indonesia, Tito Karnavian, meminta Panglima Tentara Nasional Indonesia   Hadi Tjahjanto  mempererat koordinasi terkait keamanan Indonesia. Kata Tito, akan ada berbagai macam agenda besar baik politik maupun keagamaan dalam beberapa tahun kedepan.

Menurut dia,  akan ada ancaman keamanan dalam pelaksanaan agenda-agenda besar tersebut.

"Apalagi kita menghadapi tantangan yang cukup banyak mulai yang short term ini, Natal dan Tahun Baru ini, ada arus mudik, arus balik kemudian ada potensi kenaikan bahan pangan, setelah itu ancaman teror dan lain-lain. Kedepan ada juga dinamika politik 2018 yang dilaksanakan 171 daerah di wilayah secara serempak," ujar Tito Karnavian kepada wartawan usai bertemu  Panglima TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Senin (11/12)

Tito melanjutkan, "Polri sangat mengharapkan kerjasama dan dukungan dengan TNI. Hanya dengan kebersamaan kita bisa tangani semua potensi gangguan keamanan. Demikian juga 2019."

Kata dia, TNI juga memegang peran penting dalam menjaga kestabilan pertahanan dan keamanan Indonesia.

"Saya minta seluruh jajaran Polri mulai hari ini harus makin mendekat ke mitra di jajaran TNI tanpa menunggu video conference dan ini di semua level. Karena hanya dengan  TNI dan Polri yang solid ini merupakan syarat penting tegaknya NKRI dan terjaganya kesatuan dan persatuan bangsa," ucapnya.

Menanggapi hal itu, Panglima TNI, Hadi Tjahjanto mengatakan siap membantu Kepolisian dalam berbagai macam tugas. Apalagi kata dia, dalam undang-undang, TNI juga dibebankan bekerja sama dengan Kepolisian terkait hal tersebut.

Kata dia, beberapa hal yang juga menjadi fokus TNI bekerja sama dengan Kepolisian ialah terkait operasi Tinombala dan penanganan permasalahan di Papua. 

"Solid antara TNI dan Polri itu juga akan kita implementasikan dalam kegiatan-kegiatan contohnya mendukung Kepolisian di wilayah-wilayah Operasi Tinombala dan Papua misalnya, semua akan kita laksanakan dengan koordinasi yang baik," ucapnya.

Sebelumnya, Panglima TNI, Hadi Tjahjanto menerima kunjungan Kapolri, Tito Karnavian bersama rombongannya di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.  Kunjungan  untuk memberikan ucapan selamat kepada panglima yang baru dilantik.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar
Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Puluhan organisasi Masyarakat sipil melalui gerakan #BersihkanIndonesia menantang kedua capres dan cawapres yang berlaga dalam Pemilu Presiden 2019 mewujudkan komitmen “Indonesia Berdaulat Energi".