BERITA

Banjir Rendam Sejumlah Desa di Jombang, Jawa Timur

"Banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Wonosalam dan Kecamatan Bareng yang ada di daerah hulu sungai selama hampir seharian. "

Muji Lestari

Banjir Rendam Sejumlah Desa di Jombang, Jawa Timur
Banjir di Kecamatan Mojoagung Jombang, Jawa Timur, Rabu (20/12/2017). (Foto: KBR/Muji Lestari)

KBR, Jombang – Sejumlah desa di Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, dilanda banjir, Rabu (20/12/2017).

Banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Wonosalam dan Kecamatan Bareng yang ada di daerah hulu sungai selama hampir seharian. 

Hujan deras menyebabkan Sungai Gunting dan Sungai Catak Banteng yang melintasi Mojoagung meluap dan menggenangi rumah-rumah penduduk. Ketinggian air bervariasi antara 30 centimeter hingga mencapai tiga meter lebih.

Salah seorang warga Dusun Pekunden, Samsun menuturkan air mulai masuk dan menggenangi rumah warga sejak Selasa malam. Air menggenang begitu cepat dan merendam rumah. Kebanyakan warga tidak sempat menyelamatkan barang-barang berharga miliknya.

"Ketinggian air sampai tiga meter. Ada yang dua meter, ada 1,5 meter. Banjir kali ini tidak bisa diprediksi karena terlalu cepat, jadi masyarakat disini itu bingung," kata Samsun di Jombang, Rabu (20/12/2017).

red

Sejumlah warga terpaksa mengungsi karena rumah mereka tidak bisa ditinggali. Sejak Selasa dinihari, sejumlah petugas gabungan dari Kepolisian, TNI dan relawan turun mengevakuasi penduduk ke tempat pengungsian. Meski begitu banyak warga yang enggan meninggalkan rumah mereka. Mereka hanya menyelamatkan diri ke rumah tetangga yang aman dari luapan air.

Banjir di wilayah Mojoagung rutin terjadi tiap tahun. Warga berharap, pemerintah daerah segera membuat parapet atau plengsengan (tanggul) sungai di batas Dusun Pekunden dan Dusun Kebondalem untuk meminimalisir banjir.

Selain di Kecamatan Mojoagung, banjir juga terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Bareng dan Mojowarno.

Editor: Agus Luqman 

  • Jombang Jawa Timur
  • banjir Jombang
  • bencana musim hujan
  • banjir bandang

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Mbah Rono6 years ago

    Karena hujan adalah bagian dari kehidupan di bumi Indonesia tercinta, curah hujan yg tinggi berakibat Banjir, untuk itu kita terima saja dg sabar dan semoga cepat berlalu airnya alias cepat surut.......Amiiiiin. Sabar sodara sodaraku sedaerah dan sebangsa.