BERITA

Sulawesi Utara Siaga Bencana, BPBD Imbau Warga Lebih Waspada

"Kepala BPBD Sulawesi Utara Noldy Liow mengatakan, kondisi itu ditandai dengan hujan intensitas tinggi dan angin kencang."

Zulkifli

Sulawesi Utara Siaga Bencana, BPBD Imbau Warga Lebih Waspada
Ilustrasi: Petugas BMKG menunjukkan perkiraan cuaca ekstrim dan gelombang tinggi. (Foto: Antara)


KBR, Manado - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Utara menyatakan provinsi itu tengah dalam kondisi siaga bencana akibat cuaca ekstrim. Kepala BPBD Sulawesi Utara Noldy Liow mengatakan, kondisi itu ditandai dengan hujan intensitas tinggi dan angin kencang.

"Memang sekarang Sulawesi Utara saat ini siaga karena cuaca yang ekstrim baik gelombang laut pasang, hujan deras dan longsor," kata Noldy Liow di Manado, Sabtu (31/12/2016).


"sehingga masyarakat diminta untuk jangan dulu keluar rumah kalau terjadi cuaca buruk," lanjutnya.


Dia pun menambahkan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara juga telah menerbitkan peringatan dini terkait cuaca ekstrim ini. Dalam imbauan tersebut, warga di wilayah yang tercatat rawan bencana banjir, longsor dan berada di pesisir pantai diminta lebih waspada.

Baca:

    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/12-2016/ombak_hingga_4_meter__10_ribu_nelayan_aceh_utara_menganggur/87192.html">Ombak Tinggi, 10 Ribu Nelayan Aceh Utara Menganggur</a></b> </li>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/12-2016/2_korban_banjir_dan_longsor_di_manado__belum_ditemukan/87548.html">Korban Banjir dan Longsor di Manado</a></b> </li></ul>
    

    Kepala BPBD Sulawesi Utara Noldy Liow mengatakan, hujan deras disertai angin kencang ini diperkirakan terus terjadi hingga awal Januari 2017. Di samping itu, gelombang laut di wilayah ini terpantau mencapai 2-3 meter dengan gelombang tertinggi di Kepulauan Kabupaten Talaud yang berbatasan langsung dengan Filipina. Di mana laut di daerah tersebut berhadapan dengan Samudera Pasifik dengan tinggi ombak antara 3 hingga 4 meter. (ika)

  • bpbd sulawesi utara
  • Noldy Liow
  • bencana
  • siaga bencana
  • manado
  • gelombang tinggi
  • cuaca ekstrim

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!