BERITA

Puncak Angkutan Kereta Libur Akhir Tahun di Purwokerto

"Selama 17 hari masa angkutan libur Natal dan tahun baru tersebut terdapat 10.475 penumpang yang naik turun di stasiun wilayah Daop 5 Purwokerto."

Puncak Angkutan Kereta Libur Akhir Tahun di Purwokerto
Petugas memperbaiki rel kereta di Perlintasan Rawalo, Banyumas. (Foto: KBR/Muhamad Ridlo)

KBR, Purwokerto – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto memprediksi puncak angkutan kereta libur akhir tahun bakal terjadi pada 31 Desember 2016. Selain itu, PT KAI mencatat pada 24 Desember kemarin juga terjadi lonjakan penumpang yang cukup signifikan.

Juru Bicara PT KAI Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, seluruh kursi kereta pada malam pergantian tahun baru sudah penuh dipesan pada awal Desember lalu. Ixfan menyebut, selama 17 hari masa angkutan libur Natal dan tahun baru tersebut terdapat 10.475 penumpang yang naik turun di stasiun wilayah Daop 5 Purwokerto.


Ia menjelaskan, pihaknya telah mengerahkan petugas untuk menjaga daerah rawan bencana banjir dan longsor sepanjang jalur kereta. Menurutnya, ada 6 titik rawan banjir dan longsor, satu terowongan rawan gogos dan banjir,serta tiga jembatan panjang yang harus diperiksa ekstra.


“Paling tinggi itu pada tanggal 24 Desember pada masa natal dan tanggal 31 Desember itu pada masa liburan tahun barunya. Awal itu, kita melakukan pemeriksaan lintasan kereta perlintasan kereta Purwokerto sampai dengan Kroya, Kroya sampai dengan Langen, Terus Kroya sampai dengan Purworejo, terus Purwokerto sampai dengan Prupuk. Pemeriksaan yang dilakukan itu adalah kesiapan sarana dan prasarana, termasuk pemantauan kesiapan petugas untuk memantau titik-titik rawan longsor dan rawan banjir. Kita siapkan juga penambahan petugas penjaga terowongan, pemeriksa jalur juga ditambah,” jelas Ixfan Hendriwintoko, Minggu (25/12/2016).


Terowongan yang rawan gogos adalah Terowongan Ijo. Sedangkan jembatan yang perlu perhatian tambahan adalah jembatan Sungai Serayu Rawalo, Serayu Kesugihan, Cilacap dan jembatan Sungai Luk Ulo Kebumen.


Lebih lanjut Juru Bicara Daop 5 Purwokerto, Ixfan Gendriwaintoko mengemukakan pihaknya juga mengerahkan 118 petugas tambahan di 91 titik selama berlangsungnya angkutan Natal dan tahun baru. Jumlah tersebut terdiri dari 6 titik perlintasan berpalang yang ramai arus lalu lintasnya serta 74 titik perlintasan tanpa palang yang rawan kecelakaan.


Secara keseluruhan, PT KAI Daop 5 Purwokerto akan mengerahkan 3.492 personel pendukung, yang terdiri dari 1.896 karyawan organik PT KAI, 1.208 karyawan non organik dan 40 petugas pengamanan dari TNI dan Polri.

Editor: Sasmito

  • natal dan tahun baru
  • kereta api
  • purwokerto

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!