BERITA

Produksi Senjata, Indonesia Teken Kerjasama Pertahanan dengan Swedia

Produksi Senjata, Indonesia Teken Kerjasama Pertahanan dengan Swedia


KBR, Jakarta- Pemerintah Indonesia dan Swedia teken peningkatan kerjasama  di bidang keamanan. Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan oleh Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu dan Menteri Pertahanan Swedia Carl Anders Peter Hultqvist, di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta hari ini.

Dalam keterangan persnya usai melakukan penandatanganan, Menteri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu mengatakan, hal dilakukan karena sebelumnya kedua negara sudah melakukan perjanjian kerja sama dan berprinsip sama tidak berpihak (nonblok) dengan kondisi global saat ini.


"Pembicaraan ini berisi satu, kita sama-sama negara nonblok. Swedia juga. Kita ini seperti teman. Kita tidak menginginkan perang, tetapi mencari kedamaian seperti konstitusi kita yaitu  mendamaikan dunia," ujarnya kepada wartawan di Kantor Kementerian Keamanan, Jakarta, Selasa (20/12).


Selain itu kata dia, salah satu hal yang difokuskan dalam kerja sama itu adalah pengembangan industri pertahanan seperti melalui transfer teknologi, penelitian serta produksi bersama alat pertahanan dan keamanan untuk penguatan sektor pertahanan dan keamanan kedua negara. Dengan begitu dia berharap kedua negara justru bisa menghadirkan perdamaian.


"Masalah industri pertahanan. Memang kita sudah lama memakai alutsista buatan Swedia, meriam, dan amunisi juga bahannya sebagian dari Swedia. Karena kita ingin negara ini damai, jadi tidak ada musuh kecuali musuh bersama yaitu teroris. Jadi, harus saling tukar informasi intelijen," ucapnya.


Hal serupa juga diungkapkan oleh Menteri Pertahanan Swedia, Carl Anders Peter Hultqvist. Dia menganggap kerja sama dengan Indonesia di bidang pertahanan bukan hal baru bagi Swedia.


"Kami sudah kerja sama dengan Indonesia cukup lama. Nota kesepahaman kali ini merupakan langkah ke depan untuk memperdalam kerja sama pertahanan di antara kami," ucapnya.

Editor: Rony Sitanggang

  • Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu
  • Menteri Pertahanan Swedia Carl Anders Peter Hultqvist
  • kerjasama pertahanan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!