BERITA

Natal dan Tahun Baru, Menhub Klaim Lalin di Pelabuhan Merak Lebih Cepat

""Kami menyimpulkan bahwasanya kegiatan tahun baru dan Natal sudah dipersiapkan dengan baik. Karena ada penambahan kapasitas lalu lintas""

Dian Kurniati

Natal dan Tahun Baru, Menhub Klaim Lalin di Pelabuhan Merak Lebih Cepat
Ilustrasi: Kepadatan pelabuhan Merak, Banten saat mudik lebaran. (Foto: Antara)


KBR, Cilegon- Pemerintah mengklaim lalu lintas penyeberangan di Pelabuhan Merak, Banten, saat libur Natal dan tahun baru  bakal lebih cepat dibanding hari biasa. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi  mengatakan, PT ASDP sudah menyiapkan berbagai antisipasi agar tidak terjadi penumpukan di pelabuhan.

Budi menjanjikan kedatangan kapal dan durasi penyeberangannya juga dijamin tepat waktu.

"Untuk persiapan Natal dan tahun baru, jadi dari diskusi tadi, kami menyimpulkan bahwasanya kegiatan tahun baru dan Natal sudah dipersiapkan dengan baik. Karena ada penambahan kapasitas lalu lintas, ada menambah kapasitas pelabuhan, dan menambah kapasitas kapal juga," kata Budi di Pelabuhan Merak, Senin (12/12/16).


Sementara itu, Plt Direktur Utama PT ASDP Fahmi Faik mengatakan, nantinya rute penyeberangan Merak menuju Bakauheni dan sebaliknya, ada 58 unit kapal roll-on/roll-off (ro-ro) yang beroperasi. Kata dia, saat ini waktu tempuh Merak-Bakaheuni sekitar 120 menit.

Kata dia saat   masa libur Natal dan tahun baru nanti, waktu tempuh itu diperkirakan bisa terpangkas hingga di bawah 100 menit. Hal utama yang sudah disiapkan  untuk menghindari tumpukan penumpang yakni menambah loket dan mempercepat masa tunggu kapal.


Jalan Tol

Pemerintah memperkirakan lalu lintas kendaraan terpadat pada liburan hari raya Natal dan tahun baru mendatang, terjadi di jalan tol karang tengah. Sebagai antisipasi kepadatan lalu lintas itu, Menteri Perhubungan Budi Karya meninjau langsung pintu tol karang tengah didampingi Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna.

Volume lalu lintas kendaraan di Gerbang Tol Karang Tengah, jalan tol Jakarta-Tangerang, diperkirakan sebanyak 110 ribu lebih kendaraan, atau meningkat 6,9 persen dibanding lalu lintas harian normal.

"Karang Tengah ini memang kita tahu sangat macet. Memang secara konsep, jalan tol antara ring dan jari-jari ini belum sempurna. Banyak jalan-jalan tol yang belum terbangun saat ini. Yang jangka panjang agak dekat dengan memisahkan titik-titik luar itu. Dan jangka pendek ini atas permintaan saya, harus ada manajemen lalu lintas, dengan kartu, penambahan orang, jalur, dan sebagainya. Jadi saya minta, dalam menghadapi Natal dan tahun baru, apa yang harus dilakukan," kata Budi di gerbang tol Karang Tengah, Senin (12/12/16).


Budi mengatakan, BPJT memperkirakan, puncak arus mudik libur Panjang Natal tahun 2016 dan tahun baru 2017 terjadi dua kali, yakni pada 23 dan 30 Desember 2016. Volume lalu lintas terpadat diperkirakan terjadi di gerbang tol Karang Tengah, jalan tol Jakarta-Tangerang.

Sementara itu, yang melintasi gerbang tol Cibubur Utama Jalan Tol Jagorawi arah Bogor dan sekitarnya sebanyak 104 ribu lebih kendaraan atau meningkat 13,5% dibanding lalin harian normal. Jumlah kendaraan yang melintasi GT Cikarang Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Utara ataupun Selatan sebanyak 101 ribu lebih kendaraan, meningkat 33% dibanding lalin harian normal.

Untuk mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas, Jasa Marga juga telah menyiapkan beberapa strategi, yakni mengoperasikan 36 gardu tol dengan rincian 18 gardu melayani transaksi arah Tangerang, 18 gardu melayani transaksi arah Jakarta, serta tiga gardu reversible, menambah petugas penjaga gardu, serta menempatkan petugas penjual kartu tol elektronik. Selain itu, juga akan ada pengendalian dan pembatasan angkutan barang dengan sumbu lebih dari dua oleh Kemenhub, yang berlaku dari tanggal 23 sampai dengan 26 Desember 2016, kecuali pengangkut bahan bakar minyak dan gas.

Hari ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau persiapan Natal dan tahun baru dengan mengunjungi pintu tol Karang Tengah dan Pelabuhan Merak. Dari tinjauan itu, Budi memperkirakan lalu lintas di pintu tol karang tengah meningkat hingga 110 kendaraan, dari hari biasa hanay 70 ribu kendaraan. Adapun di pelabuhan merak, kata dia, akan ada perbaikan dibanding pelayanan di hari-hari biasa.

Editor: Rony Sitanggang

  • mudik natal dan tahun baru 2016
  • Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!