BERITA

MUI: Tersangka Penyuap Bakamla Sudah Tak Aktif Jadi Bendahara di MUI

MUI: Tersangka Penyuap Bakamla Sudah Tak Aktif Jadi Bendahara di MUI


KBR, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) membenarkan nama tersangka pelaku penyuap petinggi Badan Keamanan Laut (Bakamla), Fahmi Darmawansyah, masuk dalam struktur pengurus MUI Pusat dan menjabat sebagai bendahara.

Salah satu Ketua MUI Pusat, Lukmanul Hakim mengatakan sejak dilantik sebagai pengurus MUI periode 2015-2020, Fahmi Darmawansyah tidak aktif dan tidak pernah terlihat. Lukmanul mengaku sejak pelantikan pengurus MUI pada Munas Agustus tahun lalu, ia hanya sekali bertemu Fahmi Darmawansyah.


"Beberapa kali sejak kepengurusan itu selalu tidak pernah berkomunikasi, baik fisik maupun media lain, seperti telepon dan lain-lain. Nggak pernah. Saya pribadi hanya bertemu dia sekali saja. Di suatu acara yang saya lupa, apakah pelantikan atau apa," kata Lukmanul Hakim kepada KBR, Selasa (20/12/2016).


Baca: Pengusaha Penyuap Bakamla ada di Luar Negeri   

Fahmi Darmawansyah ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka pemberi suap terhadap seorang petinggi Bakamla senilai Rp2 miliar. Suap itu diduga terkait proyek pengadaan satelit pengawas laut.


Terkait kasus yang membelit Fahmi Darmawansyah, MUI sudah menggelar pertemuan internal. Hasilnya MUI akan berupaya meminta penjelasan atau klarifikasi dari Fahmi. Hanya saja, MUI kesulitan menghubungi Fahmi yang saat ini kabarnya sudah buron di luar negeri.


"Yang jelas sebagai kelembagaan kita juga minta klarifikasi, inginnya kita lakukan tabayyun. Seperti apa sih yang sesungguhnya terjadi? Kita kan hanya dapat informasi dari media. Sementara, yang bersangkutan sendiri kurang aktif di MUI. Bahkan saya bisa bilang dia sudah tidak aktif. Tapi kita menghormati langkah hukum dengan mengedepankan asas praduga tak bersalah," lanjut Lukmanul.


Lukmanul Hakim mengatakan kasus yang membelit Fahmi Darmawansyah adalah urusan pribadi dan tidak ada urusan dengan MUI.


"Bahwa nama yang bersangkutan itu sebagai bendahara MUI itu memang iya. (Mungkin bisnis?) Ya itu. Tidak ada kaitannya dengan ke-MUI-an," tambahnya.


Baca: KPK Tangkap Tangan Pejabat Bakamla   

Lukmanul yang pernah menjabat Direktur Eksekutif LPPOM MUI mengatakan MUI juga tidak akan memberi bantuan hukum atau pendampingan hukum bagi Fahmi Darmawansyah.


"Tidak ada budaya seperti itu. Semua problem yang terkait hukum itu urusan pribadi masing-masing. Nggak ada istilahnya bantuan hukum atau apa," katanya.


Seandainya kasus Fahmi sudah terang, kata Lukmanul, tidak menutup kemungkinan MUI akan mencoret Fahmi dari daftar pengurus.

Lama Tidak Aktif

Ketua MUI Lukmanul Hakim mengatakan ia tidak tahu alasan Fahmi Darmawansyah tidak lagi aktif sebagai bendahara MUI. Menurutnya, yang tahu adalah Sekjen MUI Anwar Abbas.

Lukmanul juga tidak tahu asal muasal nama Direktur Utama PT Melati Technofo Indonesia itu terpilih sebagai salah satu bendahara MUI Pusat. Ia hanya sempat menyebut ada yang mengusulkan nama Fahmi Darmawansyah masuk dalam daftar pengurus.

"Waktu itu memang ada yang mengusulkan, ya kita terima," kata Lukmanul. Ia tidak tahu siapa yang mengusulkan.


Dalam wawancara lain, Ketua MUI Yusnar Yusuf juga mengatakan hal serupa. Yusnar membenarkan Fahmi Darmawansyah sudah lama tidak aktif. Ia juga mengaku hanya sekali bertemu Fahmi pada tahun lalu.

"Dalam rapat-rapat saya belum pernah bertemu dia. Satu kali barangkali ketemu saat pelantikan saja. Saya juga tidak akrab sama dia," kata Yusnar Yusuf kepada KBR, Selasa (20/12/2016).


Karena tidak akrab, Yusnar merasa tidak kaget dengan kasus yang membelit Fahmi Darmawansyah.


"Saya kaget juga nggak, biasa saja. Ndak ada masalah. Saya tidak terlalu care dengan itu. Nggak kenal, nggak pernah omong-omong saya dengan dia. Nggak akrab," lanjut Yusnar. 

  • MUI
  • Bakamla
  • KPK
  • operasi tangkap tangan
  • suap

Komentar (24)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • tamsir7 years ago

    Mantap berita sdh berimbang

  • Tejo7 years ago

    Ngeles tingkat dewa

  • Umbu ndit7 years ago

    Klw nak buah dpt masalah boss nya langsung cuci tangan

  • Ruslyh7 years ago

    PT. MUI Organisasi Primitif.. makanya TIDAK MAU diaudit...

  • Jauhar7 years ago

    Berarti yg buron itu ulama' kah ia ? Masya Allah, na'udzubillah min dzalik kalau hal itu benar.

  • Sonni Hadi7 years ago

    Kalau ada berita foto Antara, saya percaya ini tulisan

  • andika7 years ago

    Wowww... Dalam wadah satu kepengurusan tdk kenal?? Tdk pernah bertemu?? AD ART MUI kayak apa ya?? Uang kluar masuk lembaga siapa yg bertanggungjawab klo bukan bendahara????

  • PmsWatch7 years ago

    ahok satu persatu lawan moe dipermalukan...tetap semangat membela kebenaran...keadilan...dan damai sejahtera..

  • antareja7 years ago

    Allah punya cara mengingatkan bangsa Indonesia. Bahwa MUI sbg tempat berkumpulnya pra pendekar agama ternyata eh ternyata. BUBARKAN MUI!

  • NazrilAulia7 years ago

    giliran petinggi MUI jd bangsat yg di cari KPK ketua MUI mlh minta tabayyun.di kasus ahok gak ada tuh kata tabayyun.langsung vonis.majelis taik kucing.isinya ulama2 su' lbh parah dr musailamah alkazzab dn dajjal

  • edward str7 years ago

    di perkumpulan kedai tuak kami aja kalau ga datang 2 minggu sdh dipertanyakan keanggotaanya. kedai tuak lho. ingat kedai tuak.agency

  • Ageb Poker Online7 years ago

    yuk baca berita di sana saja, portal berita terlengkap terupdate setiap hari 1x24 jam. http://agenonlineno1.blogspot.com/ dan juga kunjungi agen poker online terpercaya www,mejakuqq.com

  • Ageb Poker Online7 years ago

    yuk baca berita di sana saja, portal berita terlengkap terupdate setiap hari 1x24 jam. http://agenonlineno1.blogspot.com/ dan juga kunjungi agen poker online terpercaya www,mejakuqq.com

  • Yo kris7 years ago

    Sesama pengurus kok gak kenal... Lucu lah.. MUI perlu di Audit...

  • Abraham7 years ago

    Kaya sidikat narkokoba ,pengakuannya tidak saling mengenal hadeeeh.... tkut keseret seret

  • Abraham7 years ago

    Kaya sindikat narkoba aja tidak saling mengenal. Takut seret seret ?

  • Gede Sariputra7 years ago

    Biasanya yg paling bertanggungjawab...hanya pintar menjawab.....

  • yudi7 years ago

    hehehe yang komentar kebanyakan pake nama samaran islami, hanya kedok semata. terlihata dari kata-kata yang dilayangkan penuh kebencian dan kepuasan

  • Akbar Bahaulloh7 years ago

    lha kalau bendahara bisa tak aktif,, lalu siapa yang memegang uang kas?

  • ishaq7 years ago

    korupsinya kasus pribadi,di luar tanggun jawab mui,,apa hubungan mui dengan kasus korupsi tender proyek pengadaan satelit pemantauan di Bakamla,,sejak kapan MUI ngurusin satelit,,MUI tiap tahun di audit,,Ko nolak audit dari dulu MUI bubar kena hukum,,dan yg di audit itu dana pemberian dari pemerintah tiap tahun 2M dipake apa keperluan apa aja,,klo sertifikasi halal pemerintah ga ada urusan, pemerintah ga ada hak untuk audit karna itu uang hasil profit pribadi organisasi,,klo kalian semua punya duit pribadi mau ga pemerintah intervensi uang kalian, nanya2 punya duit dari mana dipake apa,,btw itumah pertanyaan di alam kubur nnti BRO,,think smart.

  • Kamil7 years ago

    Yaa kali dana pribadi. Bedakan ini lembaga loo, kumpulan org2 muslim yg ilmuny di atas rata2. Masa sm satu kader inti (bendahara) tdk tau, AD ART nya bung dibawa kmn? Ini menunjukkan bahwa kader MUI sebenarny bukan org2 sempurna, makany jgn buat fatwa atau menghakimi org sembarangan.

  • Andi7 years ago

    Hukum Ahok 500 Tahun,agar MUI dan FPI puas.

  • ZadulQQ5 years ago

    untuk anda para pecinta kartu poker dan domino segera bergabung di <a href="http://zadulqq.online/">zadulqq</a> adalah situs yang memberikan pelayanan super ramah dan sopan aktif 24 jam melayani anda jika anda memiliki masalah. di situs <a href="https://zadul99.com/">pokerqq</a> ini bisa di bilang salah satu permainan <a href="https://zadul99.com/">dominoqq</a> terbaik saat ini. di karenakan memiliki 8 jenis permainan seperti <a href="https://zadul99.com/">domino99</a> , <a href="https://zadul99.com/">bandarq</a> dengan minimal deposit hanya 20 ribu saja anda sudah dapat bermain di permainan <a href="https://zadul99.com/">agen dominoqq</a> yang sudah berjalan hampir 3 tahun lamanya di <a href="https://zadul99.com/">qq online</a> dengan menyediakan semua jenis bank di indonesia online 24 jam <a href="https://zadul99.com/">qiu qiu</a> ini sangat di percaya di kalangan pecinta <a href="https://zadul99.com/">kiu kiu</a> saat ini dan mencapai ribuan pemain setiap harinya bermain di <a href="https://zadul99.com/">bandar poker</a> ini. selain itu memiliki partner <a href="http://zadulqq.online/">link alternatif zadulqq</a> juga dengan sistem yang sama jadi <a href="http://tujuh99.com/">agen bandarq</a> ini mempunyai kelebihan yang sama dengan menyediakan bank online 24 jam <a href="http://tujuh99.com/">bandarqq</a> sangat di minati sehingga anda dapat bermain dari malam hingga pagi tanpa ada jadwal bank offline. <a href="http://tujuh99.com/">agen dominoqq</a> memiliki tips dan taktik permainan yang anda dapat meghubungi di livechatnya <a href="http://tujuh99.com/">qq online</a> dengan kelebihan meja hoki sangat banyak <a href="http://tujuh99.com/">bandarq online</a> dari meja kecil hingga meja vip. <a href="http://tujuh99.com/">pokerqq</a> bisa memberikan kemenangan pemain mencapai puluhan juta setiap harinya <a href="http://tujuh99.com/">aduq</a> juga mudah di mainkan sehingga mendapatkan kemenangan setiap harinya <a href="http://tujuh99.com/">domino qiu qiu</a> dalam 1 meja anda dapat bermain dengan 6 pemain yang berbeda tidak ada robot seperti permainan <a href="http://tujuh99.com/">capsa susun</a> dapat dimainkan dengan 4 orang yang biasanya kalangan orang dewasa lebih hobi bermain dikarenakan tidak mudah untuk dimainkan seperti <a href="http://tujuh99.com/">sakong</a> lebih di minati pemain muda atau pemain-pemain baru yang bermain di <a href="http://tujuh99.com/">domino99 online</a> juga bermain menggunakan taktik sehingga harus bermain dengan sabar.

  • ZadulQQ5 years ago

    Para pecinta pemain kartu DominoQQ bagi <a href="http://www.zadulseo.online/panduan-bermain-dominoqq-online/">Panduan Bermain DominoQQ Online</a> yang awam ataupun yang sudah tahunan bermain. Anda bisa mendapatkan informasi dalam permainan di Agen DominoQQ Karena di sini memliki informasi-informasi ZadulQQ yang detail dalam Agen DominoQQ Online di indonesia. Banyak informasi yang bisa anda dapatkan jika mencoba nya di Agen DominoQQ ini. anda juga dapat mendapatkan informasi tentang Agen DominoQQ Online Terpercaya.