BERITA

Jelang Natal dan Tahun Baru, Pertamina Jawa Tengah Siapkan Armada BBM Cadangan

"Koordinasi dengan kepolisian juga sudah dilakukan untuk mengawal distribusi."

Jelang Natal dan Tahun Baru, Pertamina Jawa Tengah Siapkan Armada BBM Cadangan
Sebuah tangki BBM tengah mengisi bahan bakar di SPBU Banyumas (Foto: Muh Ridlo/KBR)


KBR, Banyumas- Menjelang libur Natal dan tahun baru 2017, Divisi Pemasaran Pertamina Wilayah IV Jawa Tengah menyiapkan armada cadangan distribusi bahan bakar minyak (BBM). Sales Executive Retail BBM, Warih Wibowo mengatakan penyiapan armada cadangan ini juga untuk mengantisipasi jalur rusak yang kerap membuat tanki BBM terhambat. Warih menjelaskan, untuk menyuplai 31 SPBU yang ada di Banyumas, pihaknya menyediakan 10 persen dari jumlah normal armada.

Selain itu, SPBU yang berada di jalur nasional dan dengan jalan yang mengalami kerusakan parah, akan dimasukkan ke shift prioritas pertama pengiriman BBM. Dengan begitu, keterlambatan pengiriman BBM bisa diminimalisir.


"Khususnya, lubang itu sangat dalam, yang bisa menyebabkan as patah dan sebagainya. Khususnya di jalur Pekuncen, yang di jalur selatan ini rusak. Itu di satu sisi. Kemudian di sisi lain teman-teman backup. Di Depot Maos kita juga menyiagakan beberapa alternatif mobil tangki cadangan. Jadi dikhawatirkan, mobil tangki ini (bisa beroperasi jika) terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Jadi jangan sampai mobil tangki ini tersendat. Jika tersendat mobil tangki cadangan bisa mengcover," kata Warih Wibowo, Kamis (15/12/2016).


Selain  mengandalkan pasokan dari Depot BBM yang ada di Maos Kabupaten Cilacap, Warih menjelaskan, jika terjadi hambatan, misal kemacetan atau jalur putus, cadangan BBM juga bisa dikirim dari Depot Rawalo, Tasik dan Tegal.


Lebih lanjut Warih Wibowo mengemukakan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kepolisian Resor Banyumas untuk mengawal tanki BBM, agar bisa menerobos kemacetan. Kata dia, kepolisian telah berkomitmen menyediakan sejumlah mobil patwal untuk mengawal tanki-tanki pada puncak liburan natal dan tahun baru nanti.

Editor: Dimas Rizky

  • Natal dan Tahun Baru 2017
  • distribusi BBM

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!