BERITA

Gempa Pidie Jaya, Kemen PUPR Kirim Puluhan Toilet Siap Guna

Gempa Pidie Jaya, Kemen PUPR Kirim Puluhan Toilet Siap Guna


KBR, Jakarta- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  mengirimkan 9 mobil tangki dan 80 toilet siap guna ke Pidie, Aceh, yang dilanda gempa. Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo mengatakan fasilitas itu sudah bisa digunakan Kamis petang.

Kata dia, fasilitas ini diturunkan menyusul banyaknya sumber air yang tertutup akibat gempa.

"Kita pasang hidran umum, airnya kita bawa dengan truk dari instalasi terdekat yang masih berfungsi," jelasnya kepada KBR, Kamis (8/12/2016) malam.


"Berikutnya kita tinggal sediakan dalam konsentrasi pengungsian itu adalah toilet knockdown," kata dia lagi.


Sri Hartoyo mengatakan, Kemen PUPR menganjurkan Aceh menggunakan rumah instan sederhana sehat (Risha). Risha adalah desain rumah yang memiliki pracetak dan tinggal dirangkai di lokasi.

"Ini direkomendasikan oleh Menteri PU, hasil kajian Puslitbang PU," katanya lagi.

Kata dia, Kementerian juga mendorong Pemda-Pemda di Aceh untuk segera menerbitkan Perda/qanun terkait bangunan tahan bencana. Dari 23 kabupaten/kota di Aceh, baru ada 9 yang memiliki Perda itu. Pidie Jaya  belum memilikinya.

"Kita fasilitasi agar Pemda bisa menyusun itu,"

Kemen PUPR mencatat, seluruh jembatan yang ada di wilayah gempa tetap bisa beroperasi normal. Namun ada penurunan jalan  pada 7 jembatan yang akan segera diperbaiki. Kemen PUPR juga menurunkan beberapa unit alat berat untuk situasi darurat. 


Editor: Rony Sitanggang

  • gempa Pidie Jaya
  • Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!