BERITA

BMKG Imbau Warga Tak Khawatirkan Gempa Susulan

""Tadi kami juga sudah mendengar ada sejumlah gempa susulan yang terjadi. Tapi kekuatannya semakin kecil.""

Bambang Hari

BMKG Imbau Warga Tak Khawatirkan Gempa Susulan
Kepala BMKG, Andi Eka Sakya (Tengah), usai memberikan keterangan kepada para jurnalis, di kantornya terkait gempa di Pidie Jaya, Aceh. Foto: KBR

KBR, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga Pidie Jaya, Aceh, agar tak mengkhawatirkan adanya gempa susulan. Kepala BMKG, Andi Eka Sakya menjelaskan, sejak gempa berkekuatan 6,5 SR pagi tadi, gempa susulan memang terjadi. Hanya saja, kekuatan gempa itu semakin kecil sehingga kemungkinan akan ada gempa susulan yang jauh lebih besar mustahil terjadi.

"Tadi kami juga sudah mendengar ada sejumlah gempa susulan yang terjadi. Tapi kekuatannya semakin kecil. Kami mencatat, gempa susulan yang paling besar 4,8 SR. Setelah itu, kekuatannya jauh lebih kecil. Sehingga kami mengimbau agar warga tidak khawatir. Semuanya sudah stabil," kata Eka di kantornya, Rabu (7/12/2016).


Ia menambahkan, tingkat kewaspadaan warga di Pidie Jaya bisa menjadi contoh warga yang tinggal di daerah rawan gempa.


"Begitu ada gempa, mereka langsung mencari tempat yang lebih tinggi, sehingga potensi korban jiwa bisa diminimalkan," ujarnya.


Baca juga: Kesaksian Warga Meureudu yang Digoncang Gempa


Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, sebanyak 25 orang dinyatakan tewas dan 26 lainnya mengalami luka berat, akibat gempa tersebut.


"Hingga Rabu (7/12/2016) pukul 11.00 Wib, Tim SAR telah menemukan 25 korban tewas dan 26 orang luka berat. Korban dirujuk ke RSUD Pidie Jaya dan puskesmas," jelas Juru Bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam rilisnya.


Ia melanjutkan, data kerusakan bangunan bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun di Kabupaten Pidie Jaya terdapat 72 unit ruko roboh, beberapa tiang listrik roboh, beberapa ruas jalan rusak, 15 unit rumah rusak berat, 5 unit masjid roboh, 1 unit gedung STAI AL-Azziziyah roboh, dan 1 unit bangunan took roboh. Sedangkan di Kabupaten Bireuen terdapat  2 unit rumah roboh dan 1 unit masjid roboh.


Baca juga: Gempa Pidie Jaya, Kampus Institut Agama Islam Al Aziziyah Runtuh





Editor: Quinawaty 

  • gempa Pidie Jaya
  • gempa aceh
  • bmkg
  • BNPB
  • Andi Eka Sakya

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!