HEADLINE

Ormas Keagamaan Demo Tolak KKR Natal 2016 di Gedung Sabuga Bandung

 Ormas Keagamaan Demo Tolak KKR Natal 2016 di Gedung Sabuga Bandung


KBR, Bandung- Gabungan organisasi keagamaan berunjukrasa  menolak digelarnya kegiatan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) Natal 2016 yang dilaksanakan di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, Jalan Tamansari, Bandung.  Mereka berdalih kegiatan keagamaan harusnya digelar di gereja dan bukan di gedung atau fasilitas umum.

Menurut salah satu ketua kelompok penentang dari  Akademi Dakwah Indonesia (ADI) Jabar  Mohammad Roin Balad, jika fasilitas umum digunakan untuk kegiatan keagamaan dan terbuka bagi masyakat pemeluk agama   melanggar SKB tiga menteri.


"Ketika KKR mereka mengundang juga agama lain selain Kristen. Sedangkan dalam SKB tiga menteri sudah jelas bahwa sebuah keyakinan agama tidak boleh mengundang atau mengajak agama lain ke kegiatan agamanya. Apalagi dilakukan secara massive dan terbuka seperti ini," kata Mohammad Roin Balad di Bandung, Selasa (6/12).


Ketua kelompok penentang dari Dewan Dakwah Islam (DDI) Mohammad Roin Balad mengatakan dugaan adanya ajakan kepada umat agama lain saat KKR digelar yaitu berdasarkan gelaran kegiatan serupa terdahulu yang dipantaunya.


Dia mengatakan, selain itu pelaksanaan KKR Natal 2016 di Sabuga ITB tersebut penuh dengan kebohongan seperti belum adanya izin dari Kementerian Agama serta lembaga hukum lainnya dan tidak sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.


"Mereka asalnya mengaku akan menggelar acara jam 18.30 WIB tapi tahunya digelar jam 13.00. Itu kan sudah berdusta," ujar Roin.


Roin juga mempertanyakan keberadaan Pendeta Steven Tong yang mengisi KKR Natal tersebut. Karena bukan tidak mungkin, Tong menggunakan izin yang lain untuk keperluan mengisi acara.


Pendemo dan penyelenggara akhirnya bersepakat   acara KKR Natal dihentikan sampai jam 15.00 WIB dan acara malam hari dibatalkan.


Perwakilan penyenggara KKR Natal 2016, Tjoeng menjelaskan  penggunaan Sabuga ITB lantaran tempat ibadah yang dimilikinya kecil dan tidak bisa menampung massa. Dia meminta maaf jika kegiatan tersebut dinilai berdampak negatif.


Berdasarkan pantauan KBR di Sabuga ITB, beberapa anggota kelompok penentang mendatangi lokasi acara pada pukul  16.30 WIB untuk mengecek janji pihak penyelenggara yang menyatakan akan membatalkan acara di malam hari.


Editor: Rony Sitanggang

  • KKR Natal 2016
  • Pendeta Stepen Thong
  • Ketua DDI Bandung Mohammad Roin Balad

Komentar (70)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • naina7 years ago

    sedangkan kalian beribadah di muka umum 4 november kemarin di tempat yang terbuka apakah itu tempat beribadah yang semestinya?

  • Kelvin7 years ago

    Kemaren 4 november ga kurang umum? Kalau mereka merasa agama mereka paling benar, tidak takut sama yang menurut mereka "kafir" kenapa harus di berhentikan? 1x 1 tahun ibadah seperti ini di demo di berhentikan paksa, mereka demo membawa nama agama teriak teriak kami menghormati. Dimana keadilan? Dimana?

  • baharuddin7 years ago

    Itulah kalau ekstrimis dikasih hati. Mana aturan yg dilanggar? Alasan aja itu. Memalukan umat Islam aja! Polisi harusnya bergerak nih! Nanti bakal seperti Suriah, kalau dibiarkan.

  • Kembang Simbolon7 years ago

    KITA BAWAKAN DALAM DOA SAJA, SEMUA INDAH PADA WAKTUNYA. TUHAN YESUS YANG MEMBERKATI

  • Ucok7 years ago

    Yg namanya melanggar aturan atau kesepakatan wajar aja klo dibubarin. Waktu 411 aja katanya mo selesai jam 18.00 ternyata lewat ya akhirnya dibubarin sama pulisi. Ente ngiri kepengen dibubarin jg pake gas air mata?

  • Otoy7 years ago

    Yaa namanya juga melanggar aturan/kesepakatan. Jd wajar aja kalo dibubarin. Emg udah pada lupa apa pas 411 gegara lewat jam 6 sore jg dibubarin sm pulisi? Atau pd ngiri kalo pengin dibubarin jg pake gas air mata?

  • M. Rahmat Setiawan7 years ago

    Saya malu sebagai muslim, maafkan saudara saudaraku, atas ketidak mengertian dan kesombongan mereka, islam sesungguhnya tidak pernah mengajarkan seperti itu, apapun dalihnya

  • La Ode Yusran Syarif7 years ago

    Selagi ada izin, sy kira sah2 saja... Emang mau ngapain sihh, kan cuma ibadah doang.. *hmmm, Sungguh Cherlalu..

  • Jonsa7 years ago

    Orang orang seperti menunggu teguran dari Tuhan saja.. Semoga Tuhan memperhitungkan amal ibadahmu juga sebagai seorang yang paling benar di depan Tuhan, bukan di depan manusia...

  • William7 years ago

    ibadah di Monas boleh namum merayakan Natal di gedung serba guna tidak boleh. Indonesia menganjurkan tiap warganya untuk memeluk satu dari 5 pilihan agama dan tidak ada alasan untuk memanggil agama lainnya kafir. karena inilah Indonesia tidak akan pernah bisa maju sebagus apapun pemimpinnya, etnis/ras dan agama selalu dijadikan landasan untuk merasa diri lebih baik.

  • irpan7 years ago

    Pembiaran lah yg membuat hal hal seperti ini terjadi, dimana letak udang undang yg menatur kebebasan umat beragama.? Kebinekaan kita telah dikangkangi, dimana salahnya orang beribadah? Mau itu digedung dihutan diudara dilaut dimana salahnya ? Apa yg telah diajarkarkan negara ini kepada anak anak yg mengikuti natal disabuga atau yg mendengarkan cerita dari temanya? Mana perlidungan buat mereka? jadi janganlah heran kalau suatu saat mereka tidak punya lagi jiwa nasionalis dan kebinekaan atau yg menganggap mereka tidak dilindungi oleh undang udah yg katanya semua sama dimata hukum .. Jangan salahkan mereka kalau menjadi pembeci atau memproteksi diri dan enagan disebut sebagai sebagai generasi pernerus bangsa.. Karna yg dipertonkan adalah arogansi perebut kebebasan mereka

  • mr. zak7 years ago

    Mestinya sebelum acara sudah koordinasi dengan kepolisian. Dimana polisi saat itu? Mengapa polisi membiarkan tugasnya menjaga KAMTIBMAS direbut Ormas? Ataukah memang ada unsur pembiaran? Kalau seperti ini terus kapan hukum bisa dihormati dan ditegakkan?

  • budi anduk7 years ago

    Jurigggg dasar

  • didit doang7 years ago

    M. Rahmat Setiawan..... kalo malu jadi muslim ga usah jadi muslim.. gitu aja koq repot

  • Paijo7 years ago

    Perhatikan yang komen komen sinis dan menghina. Banyak jagoan keyboard di negeri kita ini. Kita harus cari mereka (kebanyakan masih pemuda) dan bunuh mereka satu demi satu. Hidup Indonesia yang Bhinneka! Basmi mereka bajingan2 berkedok agama!

  • Erwan Suryanegara7 years ago

    Kita anak bangsa yang hidup di Bumi NUSANTARA sesungguhnya punya banyak teladan dalam menjaga kerukunan, di antaranya sudah sejak lama bahkan jauh di masa leluhur dulu...seperti era SRIWIJAYA...keragaman dan perbedaan telah bukan masalah sehingga lebih-kurang tujuh abad Sriwijaya mampu dan berhasil menghegemoni Nusantara bahkan hingga ke mancanegara. Mari kita hidup rukun bersama dalam perbedaan dan keragaman, hal-hal yang terkait SARA mari kita dialogkan dengan cara saling menghargai...karena kita tau sikap menghargai-dihargai adalah kebutuhan mendasar setiap kita yang hidup dalam keragaman masyarakat Nusantara ini. Salam Putra Nusantara...Putra Seribu Pulau !

  • Hacktivist7 years ago

    Pada tanggal 10,11,12 akan diadakan ISLAMIC FAMILY FESTIVAL "Parade Cinta Rasul" yang bertempat di SABUGA ITB Tamansari 72. Ditunggu kedatangannya :)! Ingat saudaraku!! KEGIATAN KEAAGAMAAN (KKR) TIDAK BOLEH DIADAKAN DI TEMPAT UMUM!

  • roni7 years ago

    saya sudah dapat IP address orang-orang yang komentar sinis, itu yang agama budha ngapain komen ngejelek-jelekin Islam seakan-akan anda kristen? itu ada yang jarang ikut kegiatan ibadah ngapain komen, dasar user bego, buka webpage ini dari facebook, saya laporkan biodata kalian 1 per 1 ke kepolisian atas pelanggaran UU ITE dan UU 40 pasal berlapis dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara. duduk manis dirumah ya sampai surat penangkapan tiba.

  • William7 years ago

    Mas Roni mendapatkan IP Address lewat forum itu mustahil, apalagi mengetahui agamanya apa. ini provokasi yang cukup buruk. Buddha bukan Kristen bukan Chinese apalagi Yahudi. saya orang Kristen dan kalau bukan karena kita percaya kasih karunia orang Buddha bahkan jauh lebih menjaga perilaku baik.

  • supar7 years ago

    kalo beribadah di jalan & monas, itu baru namanya bukan tempat umum. jadi harap maklum ya kalo KKR ga boleh diadakan di tempat umum hehehehe :D

  • dewi7 years ago

    apa lain kali hrs kkr natalan di monas??!! untung jemaat bisa dg tenang n sabar membubarkan diri n pulang dlm doa.. itu contoh umat yg bener2 bertawakal sama agama.

  • dewi7 years ago

    apa lain kali musti kkr natalan di monas??!! untung jemaat d sabuga bisa bubar dg tenang n sabar dlm doa.. itu baru umat yg tawakal sama agama..

  • Romeo Sagala7 years ago

    Kalau kalian beribadah bisa di menggunakan public facilities tapi knapa kami tidak boleh??? Jangan mentang2x kalian mayoritas trus kalian seenak2x menindas kami minorities! Kalian lah yg Menista Agama bukan kami! Kalian bangun medjid tidak perlu izin tapi kami membangun gereja harus ada izin... apa maksud kalian???

  • anak manusia7 years ago

    pengikut kristus memang hrs siap memikul salib. kitalah orng2 pilihan Allah. Doakanlah mereka yg menyakitimu, kasihanilah mereka setulus hatimu.. ini serius bukan berpura pura. krn kelak kita tdk bisa menolong mereka disaat mereka sudah berada di api neraka.

  • Ivan7 years ago

    Setiap hari mereka dakwah pake toa. Tiap hari di tv ada adzan. Kurang umum pa? Kurang umum bu? Umum banget yaa. Hebat. Tpi kita bersikap toleran sama kalian. Tgl 4 november ibadahnhya kurg terbuka pa bu? Sampe sampah dimana2, tanaman rusak semua.. Coba deh menghormati agama lain. Saya juga menghormati kalian. Kalau kalian kayak gitu, secara tidak langsung kalian mw bilg, kalau agama kalian mengajarkan hal buruk!!! Sy tw islam baik, sy jg pny sodara islam. Tp kalian udh membuat rusak nama agama kalian sendiri. Indonesia dulu belom ada penghuni pa bu. Jd agama islam bukan agama asli indonesia. Jd jangan sok berkuasa deh seakan2 indonesia itu milik kalian. Indonesia milik bersama dengan keanekaragaman budaya suku bangsa dan agamanya. Terima kasih

  • Aldivo7 years ago

    Orang Kristiani yang dewasa dalam iman, tidak akan menanggapi hal ini dengan terlalu berlebihan. Mari kita bawa dalam doa, sehingga kita tetap bisa menajga sikap dan perilaku kita dalam kondisi apapun terus tetap memacarakan kasih Kasih Kristus. Perlu di sadari ada oknum-oknum tertentu yang ingin memecah belah bangsa ini. Jadi jangan samapi kita terprovokasi, saya yakin semua ini terjadi seijin Tuhan untuk mendewasakan iman kita. Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang! Tuhan senantiasa menyertai kita. Imanuel.

  • Adi7 years ago

    Masa cuman gara2 ibadahnya lewat dikit doang langsung dibubarin?. ya Emang, mungkin mereka kelewatan waktu sampai2 kalian bilang itu melanggar aturan. Tapi ini itu ibadah bro. Masa gk ada toleransi sedikit pun bagi mereka yang mau ibadah? MIKIR dong, gimanya rasanya kalo kalian lagi ibadah tiba2 dibubarin kayak gitu ?! yang ada kalian malah demo lagi, kalian ibadah di tempat umum gk ada kok yang ngelarang. Tapi ya sudah la, teman2 yang percaya pada Tuhan Yesus tetap bersabar. Sebagai minoritas di negara ini kita harus tetap kuat untuk menghadapi ini. Aku memang kurang hafal ayat alkitab tapi Tuhan mengatakan "Kasihilah Musuhmu" tetap doakan mereka teman2. Tuhan Yesus memberkati.

  • Mas Bandong7 years ago

    Dimanapun acara keagamaan harus sesuai perizinan.. Pertanyaan sudahkah ijin dilengkapi dan di ACC..??? Klo perizinan sudah O.K klo ada Ormas yg larang silahkan anda tuntut..!!! Berlakukan hukum... Jadi kita jangan asal berbicara tapi berujung fitnah dan adu domba.. Lihat Pembangunan Masjid di kota Manado... Dilarang.. Lihat Masjid di papua . Dibakar.. Padahal sedang sholat idul fitri 1 tahun sekali... Lihat renungkanlah... Siapa Mayoritas siapa minoritas menyadari sajalah... Berbicara pake fakta.. Siapa yg merasa lebih baik dan siapa yg merasa benar?? Minoritas diharapkan menghormati mayoritas.. Mayoritas harus melindungi minoritas.. Wujudkanlah kedamaian.. Jangan menebar kebencian.. saling menghormati itu lebih baik..

  • Dyone 7 years ago

    Sebenernya ini simpel koq ,dan orang kristen jg kalo boleh jujur nih ,tdk mau gunakan fasilitas umum buat kkr ,ini karena terpaksa .kalo saja ada sedikit kebijakan dr Pemarintah untuk membangun gedung /aula besar minimal 2 titik lokasi deh di tiap kota ,yg nti nya buat kkr gereja di kota tsb ,saya rasa itu tdk akan terjadi lagi koq ,dan kalo bisa jgn cuma bisa melarang ,tp hrs ada solusi lah..... Contoh ; "pengendara sepeda motor hrs pakai helm saat lintasi jalan raya ,lalu ada pengusaha mau buat pabrik helm ,tp gak dikasih ijin ,dr mana masyarakat dptin tuh helm nya ? Jd kalo gitu salah siapa ? Masyarakat nya ? Pengusaha nya ? Atau pemerintah nya ? Hehehe

  • asep7 years ago

    haddeeeeuh si mayoritas bikin ulah lagi ... endooon endonnn nasib mu kini

  • Anonymous7 years ago

    Matius 5:44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Aku tetap berdoa kok untuk kalian semua agar kalian yang menganiaya kami masuk surga

  • Hardi7 years ago

    Ormas islam syarat ingin masuk surga mah gampang cukup berbuat baik tolong menolong sesama manusia dan beribadah dengan baik Ga perlu melakukan seperti ini yang anda lakukan saya pikir yang ada masuk neraka kalau ngelakukan seperti ini karena termasuk dosa Jadi manusia itu cukup berbuat baik,,tolong menolong sesama manusia dan ibadah dengan baik...

  • ronaldo willy marco7 years ago

    buat semua yang komen: kenapa tuhan / allah membuat ada banyak agama ? dan klw bukan tuhan atau allah yang buat , kenapa tuhan atau allah biarin ada agama yg tidak dibuat oleh Dia tercipta ?

  • ronaldo willy marco7 years ago

    menurut kalian Tuhan / allah itu ada berapa ?

  • ronaldo willy marco7 years ago

    apakah ada dosa bagi kita ketika membiarkan seseorang beribadah kepada tuhan ? itu hanya kebencian segelintir orang yang ingin memprovokasi antar umat, bisa jadi itu orang nya dajjal .. tanda kiamat !

  • Resky Toraja7 years ago

    Islam ini Kelakuannya masi Radikal Pikirannya mau perang terus.... Blm Tahu kalau Kristen di Indonesia Di Ganggu maka As dan Israel siap Membantunya.... Aku sendiri Benci Warga Indonesia Yg RADIKAL.. Kayak dunia Ini Milik Mereka aja... Aku Cinta NKRI TAPI KALAU ADA YANG MENGUSIKNYA AKU SIAP PERANG MELAWAN ISLAM YANG RADIKAL INI.

  • abah7 years ago

    Sesungguhnya "bhineka tunggal ika" hanya menjadi sebuah hiasan sja di negri ini biar tampah indah bagi negara lain wkwwkw Udh tau ijin mendirikan gereja susah, jangankan ijin buat gereja, merenovasi dan membangun gereja saja harus ijin sana sini. Lakukan kegiatan diluar gereja dilarang disangka ada kegiatan kristenisasi hahaha Umat umat terzolimi oleh org org yg paling suci kita tuh wkwkw

  • Anggry7 years ago

    Yasudah . Kita mau berbuat apa toh ? Kita nasrani di ajarkan tentang kasih sedari kecil , kasih itu sabar , kasih itu murah hati , kasih itu memaafkan , saat ada yang meneriakimu kafir yah maafkan karena kasih , saat ada yang melarang natalmu di serba guna , maafkan karena kasih juga . Bahkan saat mereka membakar gerejamu , doakan juga karena kasih . Doakan pengampunan bukan pembinasaan . Tuhan Yesus beserta kita

  • Panca Karsum7 years ago

    Ayo kang emil, Undang dulu kang dedy mizwar makan sosis so nice dan minum larutan yg ada badaknya Biar masalah di JABAR diselesaikan melalui DOA, SABAR dan NANGIS.. AA Gym mau nggak jalan ke Sabuga? jangan nyuruh anak buahnya doank jalan ke jakarta.. Bib Abib kemanee ente Bib? Mane jiwa NKRI ente Bib?

  • Abraham7 years ago

    Yasudah. Apapun bisa mereka bubarkan dengan segala alasan. Tapi semoga kebhinekaan bangsa ini tidak mereka bubarkan pula

  • JAJA SUHARJA7 years ago

    teman-teman kristiani sebaiknya laporkan saja Gubernurnya kepada presiden juga walikotanya jika berdiam saja.Laporkan juga ke kapolda atau Kapolri.Jika teman-teman diam saja kelompok intoleran akan semakin liar.

  • cau7 years ago

    pusing ah bacanya juga, mending ke shelter yuk jelas pusingnya

  • Ola7 years ago

    Sedih banget baca beritanya. Yang salah bukan agamanya tp segelintir orangnya yang gagal paham. Ingat firman Allah " bagimu agamamu dan bagiku agamaku". Islam itu cinta damai.

  • henry7 years ago

    Sebenarnya KKR yang ada pada waktu siang itu adalah KKR untuk PELAJAR. Berbeda dgn di jam 18.30 yaitu KKR untuk UMUM. Undangan dan selebaran untuk KKR PELAJAR ini HANYA disebarkan ke sekolah-sekolah, karena emang hanya untuk pelajar. Sedangkan untuk KKR UMUM barulah disebarkan lewat berbagai jenis media. Jadi panitia emang ga berdusta, cuma yang oknum pendemo aja yang ga tau dan emang niatnya udh buruk dan sudah merencanakan untuk menggagalkan KKR ini.

  • Parinton7 years ago

    Bukankan ada tertulis,barang siapa yg mengikut Aku akan menderita.oleh sebab itu pikullah salibmu dan jgn gentar.yg jd pertanyaan dimana peran pemerintah dlm memberi rasa aman dlm beribadah,bukankah UUD 1945 menjamin hak setiap warga negara untuk melaksanakan ibadahnya.lantas mengapa masih saja ada oknum oknum Islam radikal bebas berkeliaran,mengatur seenak udelnya ini boleh,itu gak boleh?tolong hai manusia manusia munafik jgn ganggu kami nasrani ini,sbb kami tak pernah mengganggu anda anda sekalian.ingat Indonesia negara hukum,bukan negara Islam,apakah yg anda anda inginkan sebenarnya,apakah anda anda sekalian menginginkan kehancuran atau kedamaian?

  • adnan fauzi7 years ago

    saya sebagai orang muslim sangat malu apa yg di lakukan oleh sodara seiman saya,sebenarnya dalam agama kami tertanam rasa kebersamaan,seharusnya beda kepercayaan di jadikan saling membantu dan tolong menolong,indah bukan apabila agama lain sedang merayakan keagamaanya dan agama yang beda membantu supaya acara tersebut berjalan dengan lancar,aman dan penuh kehidmatan..sayang di jaman sekarang ini hancur lebur dengan iman yang lemah. sekali lagi saya pribadi sangat menyesal dengan apa yg di lakukan oleh saudara seiman saya.mohon maaf saudaraku,.saya hanya bisa berdoa semoga yang tersakiti atas hal ini bisa memaafkan.selamat natal saudaraku... adnan fauzi - dago bandung

  • satria7 years ago

    rasis gak toleran, kemaren ramean doa solat jumat ditempat umum.. sabuga tempat umum sodaraku

  • Petra7 years ago

    Sayonara NKRI

  • Petra7 years ago

    SAYONARA NKRI

  • Putri Ulfah Bilqisa7 years ago

    Islam Ramah, bukan Islam Marah saudaraku :( kalau memang ada pelanggaran aturan kan bisa baik2 diselesaikannya. Ya Allah ingin nangis rasanya kalau sudah begini ...

  • Fida7 years ago

    Mending ke acehlah..ngebantu yg tertimpa musibah drpd bisanya ngebubarin yang ibadah...alasan izin dan waktu ..BASI bung

  • Joko7 years ago

    Yang demo dibandung, yang kena teguran di aceh...

  • christian7 years ago

    Saya cuma mau bilang "ayo satukan kembali Indonesia,jangan hancurkan apa yang telah para pahlawan satukan hanya karena masalah satu ini,pakailah hati dan toleransi masing-masing.Kasihan setiap hari Ibu Pertiwi menangisi masalah ini".Tuhan Yeses Memberkati

  • Wiseman7 years ago

    Ucok bodoh. Ini yang bubarin bukan polisi melainkan ormas. Emgnya ormas itu punya wewenang apa ya? Situ dibubaran demo 4 nov krn mau menguasai gedung DPR ya jelas polisi bertindak. Ini baru mau KKR aja udah di demo2 sm ormas pula. Sana bantu aceh pg gempa, bukannya cm bisa menyebar kebencian dan bikin rusuh. Bikin kek sesuatu yang positif.

  • Steven7 years ago

    Dibawa dalam doa .. agar supaya damai Natal tetap berkumandang

  • ican7 years ago

    Berhenti berdebat, Berhenti Berbeda Pendapat. Apakah dengan Kidung Pujian, Iman saudara berkurang? Apakah dengan KKR, Iman saudara menjadi berkurang? Apakah dengan Khotbah Pendeta, Iman saudara menjadi berkurang? Apakah dengan Ayat dan Pasal dalam Alkitab, Iman saudara menjadi berkurang? Apakah mengusik Ibadah agama lain, Menutup tempat ibadah orang lain, Itu-kah yang diajarkan dalam Agama dan Kepercayaan Saudara??? Menurut saya, bukan itu yang diajarkan oleh Agama kepada Kita. Tapi KASIH Jadi Hargai dan Hormatilah Agama dan Kepercayaan Orang lain. Disitulah Kita dapat melihat seperti apa Iman dan Kepercayaan Saudara!!!!! Mohon Maaf Kalau ada yang salah dalam komentar saya ini. Salam NKRI

  • Johan topacio7 years ago

    Sudah lah saudara saudara seiman ku, kita ini murid Yesus, tunjukan bahwa kita adalah murid Yesus. Yg perlu kita lakukan adalah mendoakan mereka, agar diampuni dosanya, karena mereka tidak tahu yg mereka lakukan.

  • Jeyda7 years ago

    Tuhan sdh bwrsabda .kalau nanti turunan mereka kelakuannya seperti keledai liat.Keledai simbol kebodohan..liar bisa dikatakan ngawur..sdh goblok ngawur pulaa .Kejadian 16 : 12...jadi yaa begitulah mereka.

  • Eko Julianto7 years ago

    Knapa kalian melarang kami merayakan natal? Cma mau blg aja klw kalian yang ba demo segala macam apalah kami tdk pernah melarang atau membalas tapi kalau kami yg merayakan natal banyak kalian punya komentar,komplain sgala macam. Bukan cuma kalian yg hidup di Dunia!!!

  • Monica Manurung7 years ago

  • Monica Manurung7 years ago

    Secara rohani sudah kami panjatkan kepada Tuhan YME melalui doa dan iman.. Secara manusiawi kepada siapa kami harus minta tolong di negara ini?? Supaya kami aman dan hak beribadah kami tidak dibunuh?? Pemboman rumah ibadah ibarat musim buah Penutupan dan pelarangan beribadah sudah hal biasa di negera ini.

  • Monica Manurung7 years ago

    Secara rohani sudah kami panjatkan kepada Tuhan YME melalui doa dan iman.. Secara manusiawi kepada siapa kami harus minta tolong di negara ini?? Supaya kami aman dan hak beribadah kami tidak dibunuh?? Pemboman rumah ibadah ibarat musim buah Penutupan dan pelarangan beribadah sudah hal biasa di negara ini.

  • Keny7 years ago

    Ingat Yesus berkata : Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. Kita menang karena iman. Jadi menurut saya tidak perlu dipermasalahkan kejadian ini takutnya kalau diperpanjang akan memberi dampak negatif bagi bangsa ini. cukup berikan senyuman dan berdoa untuk mereka biar Tuhan yang atur sisanya. Kristen itu Kasih. Jesus bless us

  • Nandi7 years ago

    Beri hadiah Natal untuk Yesus berupa hati yang lapang dan damai. Selamat Natal! Tuhan beserta kita. :)

  • Jhon7 years ago

    Kami orang papua sangat menyesal dengan kondisi sodara2 kita diperlakukan demikian padahal disini kami saling menghormati jalinan hubungan beragama yang erat bersodara, kami hanya bisa berdoa dan mengutuk kejadian tersebut mudah mudahan hal itu dilakukan oleh kelompok tertentu yang tidak sejalan dengan rukun agama yang mau memecahkan perang agama di indonesia.

  • anonim7 years ago

    Situasi di negeri ini semakin menjadi "BEBAS"...., "BEBAS KEBABLASAN DAN BABLAS KE JURANG KEHANCURAN".

  • Stephen Chong7 years ago

    Duh, kalian ini bikin malu aja, baca beritanya dulu. Acara ini dilarang karena melanggar aturan, bukan karena yang lain2. Bikin malu!!

  • Mohajit7 years ago

    Ajaran islam setahu saya mau masuk toilet atau keluar toilet saja dianjurkan berdoa (ibadah), mestinya beribadah boleh dimana saja asal tidak mengganggu kepentingan umum. Meskipun khutbah di mesjid atau gereja kalau tujuan diluar ibadah, misalnya provokasi kebencian, ya itu tidak pada tempatnya....

  • James Michael7 years ago

    Gini ya, mmng untuk kasus KKR itu memang sudah cukup runyam. Nah wahai sodara2 ku, dulunya saya adalah pengikut kristus namun saya berubah keyakinan setelah saya tidak sengaja mendengar dakwah islam di Radio. Saya tidak memihak keduanya. Namun tahukah kalian kalau kristus mengajarkan kita kasih sayang?. Ayolah teman janganlah kalian berpecah belah karena kasus ttng agama ini. Saudara2 ku yang muslim marilah kita untuk belajar toleransi, Allah SWT pasti tau mana yg baik mana yang buruk.

  • edward7 years ago

    coment nya g ada yg mutu semua.... sok pada tau apa yg terjadi di kkr tipu2 itu sdh pasti acara nya kristiani tp umat muslim sekitar d ajak2 denger khotbah si mr chonx itu ya pastilah ada yg marah.... gimana sech mau y liat saudara seiman nya d baptis sm si mr chonx?