BERITA

48 Jemaah Umrah Kalbar Terdampar di Jakarta

"Hingga saat ini, pihak travel Rindu Kabah masih belum memberikan kepastian keberangkatan ke Mekkah."

48 Jemaah Umrah Kalbar Terdampar di Jakarta
Ilustrasi. Calon jemaah haji embarkasi pemberangkatan Solo. Foto: KBR/Yudha Satriawan

KBR, Pontianak- Sebanyak 48 jemaah umrah asal Pontianak hingga saat ini masih terdampar di Jakarta dan belum diberangkatkan ke Mekkah. Jemaah asal kabupaten Mempawah, Sukirman, mengatakan ia dan 47 jemaah umrah lainnya seharusnya berangkat 22 Desember. Namun, hingga saat ini, pihak travel Rindu Kabah masih belum memberikan kepastian.

Kata dia, pihaknya sudah merasa janggal sejak berangkat dari Pontianak. Pihak travel mengklaim ada perubahan jadwal karena adanya pergantian direktur utama Garuda. 

Akibatnya, rombongan umrah tersebut terpaksa berpindah tempat dari hotel ke pondok pesantren dan madrasah di Bogor. Seluruh biaya mereka tanggung sendiri sementara uang pun terus menipis.  

“Pertemuan pertama juga dijanjikan bahwa katanya kalau 2-3 hari tidak berangkat, tanggal 31 itu pasti. Lalu kami ya bertahan. Namun, sampai kemarin itu tinggal beberapa hari lagikan kalaupun kita pasti berangkat tanggal 31 minimal kode bookingkan sudah ada. Dari pimpinan Rindu Kabah menyarankan lebih baik pak Sukirman kembali dulu ke Pontianak,”ujar Sukirman kepada KBR via telepon, Selasa, (29/12/2015)

Sukirman mengatakan, pihaknya juga menanggung sendiri biaya keberangkatan dari Pontianak ke Jakarta. Menurut Sukirman pembayaran paket umrah masing-masing jemaah juga berbeda-beda, yaitu mulai dari 12 hingga 18 juta per orang. 

Editor: Rio Tuasikal

  • jemaah haji
  • jemaah asal kalbar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!