Sosialisasi Penyederhanaan Rupiah Mulai Januari

Kamis, 27 Des 2012 09:36 WIB

Redenominasi; mata uang

KBR68H, Jakarta - Kementerian Keuangan merencanakan sosialisasi dan konsultasi publik terkait redenominasi mata uang Rupiah akan dilakukan mulai Januari mendatang. Sosialisasi dilakukan hingga Mei.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, hal tersebut dilakukan agar masyarakat betul-betul paham maksud redenominasi adalah untuk penyederhanaan mata uang, bukan pemotongan nilai uang.

""Di bulan Januari sampai di bulan Mei itu akan ada sosialisasi publik dan konsultasi publik yang aktif sekali tentang redenominasi mata uang, supaya kita betul-betul paham maksud dan tujuan redenominasi mata uang termasuk resiko-resikonya," kata Agus Martowardojo.

"Kita tidak mau masyarakat mengira bahwa ini adalah sanering atau pemotongan nilai mata uang. Masyarakat Indonesia yang tersebar luas harus betul-betul paham itu."

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menambahkan, jika ekonomi Indonesia dan masyarakatnya sudah dianggap siap, maka pemerintah akan melanjutkan dengan mendorong penyelesaian Rancangan Undang Undang Redenominasi Mata Uang Rupiah.

Saat ini, RUU tersebut masuk dalam pembahasan Program Legislasi Nasional 2013. Redenominasi adalah penyederhanaan nilai mata uang menjadi lebih kecil tanpa mengubah nilai tukar. Misalnya, uang kertas Rp 10 ribu menjadi uang logam dengan angka Rp 10.


Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan

  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...
  • Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU
  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI

Ini Hasil Rapat Bamus DPR soal Perppu Ormas

  • Tim Arkeolog Sumba Berupaya Cetak Kerangka Situs 2800 Tahun
  • LN: Amerika Terapkan Sanksi Baru bagi Pendukung Korea Utara
  • OR: Di Tengah Ketakpastian Draxler Didekati Sejumlah Klub

Indonesia baru merayakan dirgahayu yang ke-72. Ada banyak harapan membuncah untuk generasi penerus yang bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.