BERITA

Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil

Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil

KBR, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto berencana memindahkan lembaga pemasyarakatan (lapas) ke pulau-pulau terpencil di Indonesia. 

Wiranto mengatakan rencana itu muncul untuk mengatasi masalah kelebihan kapasitas penghuni lapas terutama di kota-kota besar.

Menurut Wiranto, tidak ada satupun lapas di Indonesia yang tidak kelebihan kapasitas.

"Saya sudah menyusun rencana untuk sudahlah pindahkan saja lapas ke pulau terpencil di Indonesia. Katanya kita bangga punya 17 ribu pulau, yang dihuni baru 11 ribu. Masih ada enam ribu pulau yang kosong. Pindahin saja ke sana, supaya nggak ada namanya cuti buat yang korupsi. Hari Sabtu cuti korupsi, hari Senin masuk lagi, seperti anak sekolah aja," kata Wiranto di Jakarta, Selasa (7/11/2017).

Baca juga:

Berdasarkan data di Kementerian Hukum dan HAM, hingga Agustus 2017 jumlah warga binaan di lembaga pemasyarakatan di Indonesia mencapai 226.143 orang, sebagian besar berstatus narapidana (156.613 orang). Namun kapasitas daya tampung 100 lapas dan rutan di Indonesia hanya sekitar 122 narapidana. 

Salah satu contohnya, Lapas Klas I Cipinang, Jakarta Timur per Juni 2017 diisi 2.926 napi dan tahanan, padahal kapasitasnya hanya untuk 880 narapidana.

Selain kapasitas lapas yang tidak lagi mencukupi, Wiranto menilai lapas saat ini sudah seperti lembaga pendidikan kejahatan yang dibiayai Pemerintah. Banyak penghuni lapas yang belajar berbagai jenis kejahatan di dalam penjara.

"Mereka para narapidana dikasih makan, minum, dikasih tempat tidur, ternyata di sana saling mendidik. Tadinya hanya nyolong ayam tapi kemudian meningkat menjadi agen narkoba. Tadinya korupsi sekarang ikut campur dalam perdagangan narkoba dan sebagainya," kata Wiranto.

Bagaimana anggaran membangun lapas di pulau terpencil? Wiranto mengatakan jika APBN tidak mencukupi, ia punya solusi, yaitu menjual gedung lapas yang sudah ada. 

"APBN enggak cukup? Gampang nanti jual saja Cipinang, dapat triliunan," ujarnya.

Baca juga:

Editor: Agus Luqman 

  • penjara kelebihan kapasitas
  • Over Kapasitas
  • kelebihan kapasitas
  • overkapasitas
  • Lapas Overload

Komentar (3)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Triandik6 years ago

    Kalo mau jual lapas cipinang.. isinya mau d taro d mana dulu pak? Membangun lapas itu bukan sbentar.. apalagi d pulau trpencil.. apalagi jumlah narapidana d cipinang tidak sedikit. Sepertinya ide nya kurang bagus. Dan dikhawatrikan akan menimbulkan masalah baru. Mungkin trjun k lapangan langsung dulu baru bisa berpendapat pak. Trimakasih

  • Andi6 years ago

    Luar biasa bapak woranto. Mudah sekali membuat statmen untuk mindahkam lapas ke pulau

  • ridho'026 years ago

    Kayaknya ide menjual lapas dan membangun yg baru di tempat terpencil kurang pas pak......apa mau petugas dan keluarga di pindah jg ke tmpt terpencil kan butuh biaya yg besar pula pak......menurut sy lbh baik isi yg sdh ada di perciut dng pemberian remisi dan program2 pemerintah utk lapas dipermudah dan dipercepat prosesx......