BERITA

Sandiaga: Saat Ini Pembahasan APBD Lebih Penting dari Penyelesaian Reklamasi

Sandiaga: Saat Ini Pembahasan APBD Lebih Penting dari Penyelesaian Reklamasi

KBR, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak memprioritaskan masalah reklamasi Teluk Jakarta untuk saat ini. 

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno mengatakan Pemerintah Provinsi tengah fokus membahas Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2018.

Menurut Sandiaga, hal tersebut sejalan dengan pandangan DPRD DKI Jakarta. Apalagi, kata Sandiaga, sampai saat ini Pemprov DKI tidak mendapatkan pertanyaan mengenai masalah reklamasi dari DPRD.

Selain itu, Sandiaga menilai, saat ini belum waktunya membicarakan masalah reklamasi. Dia menganggap pro-kontra pandangan masyarakat mengenai proyek reklamasi masih belum kondusif atau reda.

"Kami khawatir isu-isu seperti reklamasi justru memecah belah. Kami sudah berulangkali menyatakan posisi kita. Jadi kita tunggu sampai saat yang tentunya kondusif untuk bisa membantu mempersatukan warga," kata Sandiaga di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (20/11/2017).

Baca juga:

Saat ini, informasi yang diperoleh KBR menyebutkan pembangunan dalam proyek reklamasi di Pulau C dan D masih terus berlangsung. Padahal, PT Kapuk Naga Indah sebagai pengembang belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta baru saja memenangkan banding di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) terkait izin pelaksanaan Pulau F, I, dan K. Sebelumnya, Pemprov DKI kalah di pengadilan tingkat pertama atau Pengadilan Negeri.

Sandiaga mengaku belum mengetahui hal tersebut. Jadi, dia tidak bisa berkomentar lebih jauh. 

"Saya belum diupdate oleh tim hukum," kata dia.

Bagi Sandiaga, untuk saat ini penyelesaian sengkarut masalah reklamasi tidak lebih penting dari pada APBD 2018. Dengan APBD 2018 nanti, kata Sandiaga, Pemprov DKI akan mengatasi masalah-masalah di antaranya soal lapangan kerja, pendidikan, dan stabilitas harga.

"Ternyata di DPRD sendiri juga merasakan bahwa hal-hal yang lebih penting yaitu pembahasan APBD 2018," kata Sandiaga.

Baca juga:

Editor: Agus Luqman 

  • reklamasi teluk jakarta
  • reklamasi Pulau C dan D
  • reklamasi jakarta
  • moratorium reklamasi pantai
  • nasib reklamasi teluk Jakarta

Komentar (9)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Ayu6 years ago

    benar bgt tuh, saat ini sepertinya, isu reklamasi banyak dimanfaatkan pihak tertentu utk menjelek-jelekan kinerja pemerintahan presiden Jokowi, padahal bicara reklamasi itu baik utk pembenahan jakarta yg lbh baik

  • tintan wulandari6 years ago

    isu reklamasi kini jadi komoditas politik yg terus dirawat oleh sekelompok parpol tertentu sampai Pilpres 2019 mendatang. Jadi emang ada baiknya juga kalau Gubernur DKI saat ini utk fokus pada program2 rill utk mewujudkan kesejahteraan masyarakat pinggiran ibukota utk memiliki hdup yg lbh baik

  • Bunga Kusuma Dewi6 years ago

    reklamasi itu bagaikan 'Bunga' yg dihinggapi lebah yg mencoba mengisap sarinya. begitu ramainya isu reklamasi membuat bergejolak di ibukota, masyarakat habis dibuatnya gaduh oleh oknum politisi dan ormas yg benci akan kemajuan dan tak siap dgn persaingan pasar bebas. seakan-akan pemimpin dahulu berdosa besar atas kejadian di hari ini, padahal berkah jasa beliau itu lah negeri ini JAYA dan MAJU di Internasional. Reklamasi adalah bagian yg tak terlupakan dari sejarah panjang perjalanan negeri ini dalam mewujudkan keadilan sosial yg berkebhinekaan dan berdampingan dlm persaingan kemajuan di dunia internasional.

  • Susi S6 years ago

    benar bgt tuh! Gubernur DKI itu emang harus lebih baik fokus dgn kerja-kerja nyatanya mewujudkan janji-janji kampanye mereka yg dulu sempat disumpahkan kepada rakyat jakarta, terkait reklamasi emang sdh sebaiknya gubernur dki menyerahkan sepenuhnya kepd pemerintah pusat sebagai pengendali proyek reklamasi tsb. karena bagaimana pun reklamasi itu adalah bagaian dari program pembangunan nasional di Bappenas dlm menanggulangi keterbatasan lahan daratan ibukota serta sebagai upaya mencegah terjadinya banjir rob dan menciptakan pertumbuhan ekonomi baru utk meningkatkan pendapatan kas negara dan daerah dlm mewujudkan kesejahteraan masyarakat yg berkeadilan dlm pembangunan.

  • hesti6 years ago

    reklamasi harus dilanjutkan pengerjaan oleh pemerintah dki saat ini, karna itu titah presiden Jokowi dlm moratorium.

  • Abdul Hadi6 years ago

    yang jelas kalau reklamasi terwujud maka pendapatan daerah akan naik..

  • Nada6 years ago

    untuk Pak Anies dan Pak Sandi, saya berpendapat alangkah baiknya jika reklamasi dilanjutkan. karena semua persyaratan saat ini sudah dipenuhi oleh pengembang. ga baik untuk iklim investasi di Indonesia jika reklamasi dibatalkan

  • Lendi6 years ago

    terkait reklamasi saya setuju dengan pendapat bang yos yang bilang kalau tiba-tiba saklek aja dibatalkan. akan menimbulkan iklim investasi yang tidak baik di Indonesia

  • Rusli6 years ago

    menurut hemat gw, selain menimbulkan Iklim Investasi yang Tak Baik. pembatalan reklamasi juga akan membuat kondisi teluk jakarta semakin terpuruk