BERITA

Ini 9 Ruas Jalan Tol yang Bulan Depan Tarifnya Naik

Ini 9 Ruas Jalan Tol yang Bulan Depan Tarifnya Naik

KBR, Jakarta- Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) memastikan tarif sembilan ruas jalan tol akan naik akhir tahun ini. Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna mengatakan, kesembilan tol itu telah memenuhi syarat standar pelayanan minimum (SPM), seperti kondisi jalan, kecepatan tempuh rata-rata, aksesibilitas, dan mobilitas.

Ruas-ruas tol yang dimaksud antara lain Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa, Tol Cawang-Tomang-Grogol-Pluit, Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Pluit, Tol Serpong-Pondok Aren, Tol Palimanan-Plumbon-Kanci, Tol Surabaya-Gempol, Tol Semarang ABC dan Tol Ujung Pandang Seksi 1 dan Seksi 2.


"Kalau bisa bulan ini atau bulan depan. Tapi artinya, bahwa proses evaluasinya seperti itu sudah selesai, nanti tinggal proses administrasi saja untuk penyesuaian. Secara SPM yang dilakukan sudah memenuhi (syarat). Ini yang kami laporkan ke pak Menteri (PU)," kata Herry di Kementerian PU, Jakarta Selatan, Jumat (24/11/2017).


Herry menambahkan, kenaikan tarif tol diperkirakan lebih kecil dari tahun-tahun sebelumnya. Ini lantaran tingkat inflasi yang relatif lebih rendah dibandingkan asumsi awal.


"Di Bali itu 2,5 persen. Padahal asumsinya itu 7 persen. Dia (Badan Usaha Jalan Tol) membuat proyeksi 7 persen kali 2 sama dengan 14 persen. Tiba-tiba kenyataannya hanya 6 persen," ujar dia. 


Editor: Rony Sitanggang

  • jalan tol
  • Kenaikan Tarif Tol
  • Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!