Gajah Betina Ditemukan Mati di Kebun Karet Aceh Jaya

Diperkirakan gajah betina itu mati pada 4 pekan lalu

Jumat, 03 Nov 2017 17:50 WIB

Bangkai gajah betina ditemukan di kebun karet di Desa Lhok Geulumpang, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Jumat (3/11). (Foto : BKSDA Aceh)

KBR, Aceh Jaya– Seekor gajah liar betina ditemukan menjadi bangkai di kebun karet di Desa Lhok Geulumpang, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Jum’at (3/11). Diperkirakan mayat gajah yang berusia 10 tahun itu mati sekitar 4 minggu lalu.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh, Sapto Aji Prabowo   belum dapat memastikan penyebab kematian  gajah remaja tersebut. Kata Dia, tim ahli dan dokter hewan bersama aparat kepolisian terus melakukan penyelidikan.

”Karena kondisi bangkai itu sudah sangat rusak, sehingga sulit memastikan penyebab kematian meskipun Kami meyakini itu disebabkan oleh sesuatu yang tidak wajar. Bisa itu diracun atau apapunlah yang memang disebabkan ketidakwajaran. Kemudian, tim melakukan visum di scan menggunakan metal detektor tidak juga ditemukan adanya unsur logam, sehingga kemungkinan ditembak sangat kecil, ” kata Sapto Aji menjawab KBR, Jumat (03/11).  

Ia menambahkan, BKSDA mengalami kendala mengungkap penyebab kematian dikarenakan kondisi bangkai sudah rusak parah dan membusuk. Selain itu juga tidak ditemukan adanya kotoran di lokasi  untuk mempermudah proses identifikasi terhadap gajah yang mati diakibatkan diracun atau tidak.

Lokasi penemuan bangkai itu berada sekitar 10 kilometer dari   jalan nasional lintasan Banda Aceh-Medan yang menghubungkan kawasan pantai barat-selatan Aceh.  Bangkai gajah ditemukan  di kebun karet milik warga setempat.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

Polisi Selidiki Penadah dan Penyuplai Hasil Pendulang Emas Ilegal di Freeport

  • Bappeda DKI: Anggaran Kunker DPRD Naik Karena Djarot
  • Presiden Minta Malaysia Impor Beras Dari Indonesia
  • Kejati Tahan 2 Tersangka Mark Up Alat Tangkap untuk Nelayan di Mandailing Natal

Guna mengembangkan dan mengapresiasi Organisasi Kepemudaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan "Pemilihan Organisasi Kepemudaan Berprestasi 2017"