BERITA

Puting Beliung Landa Cilacap, Satu Rumah Ambruk Puluhan Lainnya Rusak

Puting Beliung Landa Cilacap, Satu Rumah Ambruk Puluhan Lainnya Rusak
Ilustrasi: puting beliung menerjang Pati, Jawa Tengah (Foto: Antara)


KBR, Cilacap- Puluhan rumah di desa Limbangan Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah rusak akibat terjangan puting beliung disertai hujan deras. Sementara di desa Rejodadi Kecamatan Cimanggu, satu rumah ambruk total. Dalam kejadian tersebut, satu anak dilaporkan juga terluka akibat tersambar petir.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap wilayah Majenang, Edy Sapto Priyono mengatakan angin kencang terjadi pada pukul 16.50 WIB hingga sekira pukul 17.30 WIB. Dalam kejadian tersebut, 18 rumah di Dusun Kroya Desa Limbangan dilaporkan rusak. Selain itu, tujuh rumah di Dusun Karangnangka desa yang sama juga rusak diterjang puting beliung.


Kata Edy, angka tersebut baru data permulaan yang diperoleh BPBD dan relawan yang kini berada di lokasi. Kemungkinan besar, data bertambah seiring laporan data yang masuk dari berbagai daerah. Sebab, puting beliung terjadi hampir merata di wilayah Distrik Majenang.


"Di dua dusun di Karangnangka sama Kroya Desanya Limbangan Kecamatan Wanareja. Ada yang rusak (berat), genteng pada kabur, ada juga yang rusak ringan. Sekarang masih dalam pendataan, belum selesai. Itu yang tersambar petir juga di Limbangan. Itu tidak tersambar langsung. Sudah dibawa ke Puskesmas, sekrang sudah dibawa pulang. Rumah yang roboh, itu tadi kan baru laporan tadi sore. Kita akan cek kesana. Kalau memang harus dibantu, kita bantu,” kata Edy Sapto Priyono, saat dihubungi KBR, Kamis malam (17/11/2016).


Lebih lanjut Edy menjelaskan, puting beliung juga terjadi di Kecamatan Majenang. Sementara ini, dilaporkan pohon beringin yang berada di SMA 1 Majenang roboh dan menimpa atap gedung. Beruntung, saat itu siswa yang les sudah pulang sehingga tidak menimbulkan korban jiwa. Puting beliung dilaporkan juga merusak atap di area parkir SMA 1 Majenang.


Edy menambahkan, saat ini BPBD masih menunggu laporan dari wilayah lain yang terdampak. Edy menjamin, rumah yang ambruk akan mendapat bantuan permakanan dan bahan bangunan. Namun, sebelum itu, pihaknya akan mengcek ke lokasi agar mendaoat data yang valid.


Kendati tak menyebabkan korban jiwa, kerugian akibat terjangan puting beliung ini diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Editor: Dimas Rizky 

  • Puting Beliung
  • bencana
  • angin puting beliung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!