Seseorang sedang melatih rusa kutub untuk mengantarkan pizza. (Foto: Youtube)

KBR - Ada-ada saja ide dari warga Jepang. Sebuah perusahaan waralaba pizza, Domino, di Jepang mencari cara unik untuk mengantar pesanan pizza saat kondisi cuaca buruk dan tidak bersahabat di musim dingin.

Caranya, mengantar pizza dengan sosok yang paling akrab dengan cuaca buruk bersalju, yaitu rusa kutub.

Entah serius atau bercanda, gerai Domino di Hokkaido, Jepang mengumumkan saat ini sedang mengujicoba kemungkinan menggunakan rusa kutub untuk mengantar pizza saat kondisi cuaca buruk bersalju. Apalagi, Hokkaido berada di kawasan paling utara di Jepang yang termasuk salah satu kota paling dingin di Jepang.

Rusa kutub nanti dilatih mengantar salju sendirian tanpa ada orang yang mendampingi.

Video yang diunggah perusahaan itu memperlihatkan bagaimana mereka melatih rusa kutub mengantar pizza. Kotak pizza diikatkan di punggung rusa, dan petugas mengawasi pergerakan rusa dari peranti GPS dari jauh. Latihan dilakukan di Kota Ishikari, oleh seorang pelatih hewan.

Namun perusahaan itu harus memastikan semua berjalan dengan baik. Misalnya, bagaimana memastikan pizza tetap dalam kondisi hangat saat tiba di tujuan. Juga bagaimana kotak penyimpan pizza aman dan tidak terguling dari punggung rusa atau dari kereta tarik, karena nanti tidak ada orang yang membantu mengikatkan kotak pizza jika terjatuh.

Masalah lainnya juga adalah bagaimana caranya membuat rusa kutub itu berjalan dengan aman, tanpa membahayakan orang lain atau dirinya sendiri---tanpa ditemani manusia. Atau bagaimana jika rusa itu bertemu satwa lain dan bersikap agresif atau malah menghindar ke jalur lain.

 

Perusahaan itu mengklaim serius dengan rencana mereka. Bahkan ujicoba pengantaran pizza menggunakan rusa kutub akan dilakukan bulan depan.

Jika rencana itu benar-benar terwujud, bakal muncul pertanyaan, berapa banyak rusa kutub yang akan dikerahkan oleh waralaba Domino untuk mengantar pizza ke tempat tujuan. Dan jika tidak bertugas, dimana rusa-rusa kutub itu akan ditempatkan.

Namun tidak sedikit yang berpendapat rencana ini hanya cara humor perusahaan Domino merayakan Natal di musim dingin tahun ini. Dan juga cara promosi yang hebat.

Cuaca di Jepang saat ini memang sudah masuk musim dingin. Bahkan Kamis (24/11/2016) salju sudah turun di sejumlah kota di Jepang, atau lebih awal dari biasanya yang turun pada Januari atau Februari. (UPI/Japan Today/AsiaOne/Mirror) 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!