BERITA

Google Kembali Luncurkan Youtube Kids, Indonesia Belum Kebagian

Google Kembali Luncurkan Youtube Kids, Indonesia Belum Kebagian

KBR - Perusahaan teknologi Google kembali meluncurkan aplikasi layanan situs berbagai video Youtube khusus untuk anak. Setelah sebelumnya diluncurkan di Malaysia, Filipina dan India, aplikasi yang diberi nama Youtube Kids itu diluncurkan juga di Singapura.

Aplikasi Youtube Kids dibuat untuk memudahkan anak-anak mencari dan mengakses video yang sesuai untuk usia anak.


Aplikasi Youtube Kids memiliki empat kategori dimana anak-anak bisa mengakses video berdasarkan kanal masing-masing, yaitu Pertunjukan, Musik, Pembelajaran dan Penjelajahan. Lewat aplikasi Youtube Kids, anak-anak juga bisa menjelajahi video yang masuk dalam kategori rekomendasi.


Bagi orang tua, mereka bisa menyetel kode akses dan membatasi video atau kanal-kanal tertentu. Orang tua juga bisa menonaktifkan kolom pencarian di aplikasi Youtube Kids, dan membatasi durasi anak menonton video dengan menyetel penanda waktu.


"Aplikasi Youtube Kids memberi orang tua kendali lebih untuk menyediakan akses yang lebih aman, dan pengalaman yang lebih bisa disesuaikan untuk kebutuhan keluarga, terutama rasa ingin tahu anak yang tidak bertepi. Mereka bisa belajar topik baru dan mendapat hiburan," kata Don Anderson, Kepala Youtube wilayah Asia Pasifik untuk Anak dan Mitra Belajar.


Faktor lain yang membedakan aplikasi ini dengan Youtube biasa adalah, Youtube Kids memiliki gambar yang lebih besar dan ikon tebal. Aplikasi ini juga memudahkan anak-anak yang belum bisa menulis, dengan mode pencarian suara.


Youtube Kids pertama kali diluncurkan pada Februari 2015. Pada November ini, aplikasi itu sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di berbagai negara, termasuk di Inggris, Kanada, Australia dan Selandia Baru.


Aplikasi ini sudah tersedia di lebih dari 20 negara dan sudah diunduh gratis 10 juta kali di Google Play untuk Android dan App Store untuk Apple iOS. Di Asia, Youtube Kids sudah diluncurkan pertama kali pada Oktober lalu di Malaysia dan Filipina, dilanjutkan ke India. Namun, sayangnya Youtube Kids belum tersedia resmi di Indonesia.


Dalam peluncurannya, Google menjalin mitra dengan perancang aplikasi lokal untuk memberikan kekhasan di Youtube Kids. (CNA/Today Online/Mashable)

 

  • Google
  • Youtube
  • video
  • Youtube Kids
  • Asia
  • teknologi
  • aplikasi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!