Logo Asosiasi Sepakbola Inggris FA terpajang di bus pengangkut pemain timnas. (Foto: Paul Farmer/Wikimedia/Creative Commons)

KBR - Asosiasi Sepakbola Inggris FA dikabarkan akan mempermanenkan status pelatih sementara timnas sepakbola Inggris, Gareth Southgate. Media di Inggris memberitakan keputusan itu akan disampaikan Rabu hari ini. Sejumlah media juga memberitakan FA akan mengontrak Southgate selama empat tahun.

Gareth Southgate menjadi pelatih sementara timnas Inggris menggantikan Sam Allardyce sejak September lalu. Sam terpaksa mundur dari kursi pelatih utama, pasca pemberitaan investigasi harian Daily Telegraph soal korupsi di dunia sepakbola.

Southgate mendampingi timnas di empat pertandingan internasional babak penyisihan grup kualifikasi Piala Dunia 2018 selama September-Oktober, dengan hasil lumayan.

Dari empat pertandingan bersama Southgate, timnas Inggris belum terkalahkan, dengan dua kemenangan dan dua kali seri. Kemenangan diraih saat melawan Malta (menang 2-0) dan Skotlandia (menang 3-0). Sedangkan hasil imbang diraih saat melawan Slovenia (imbang tanpa gol) serta saat pertandingan persahabatan melawan Spanyol (skor 2-2).

Kini Inggris ada di puncak klasemen Grup F babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

Posisi Southgate sebagai pelatih sementara akan direvisi dalam pertemuan dewan FA hari Rabu ini. Jika positif naik jadi pelatih utama, Southgate bakal menjadi manajer timnas Inggris ketiga pada 2016 ini---setelah Roy Hodgson dan Sam Allardyce.

Sebelumnya Southgate sudah memberikan paparan di depan sidang panel, yang terdiri dari Presiden FA Greg Clarke, Kepala Eksekutif FA Martin Glenn, direktur teknik FA Dan Ashworth, bekas pemain timnas Inggris Graeme Le Saux dan Presiden Asosiasi Manajer Liga Inggris Howard Wilkinson.

Martin Glenn sebelumnya mengatakan eks manajer klub Middlesbrough itu menjadi kandidat kuat sebagai manjer timnas Inggris. Di samping itu, yang bersangkutan juga serius menginginkan posisi itu. Walaupun sebelumnya ia menyatakan tidak siap menangani tim senior.

Jika FA memutuskan mengangkat Southgate sebagai pelatih permanen, FA juga harus mencari pengganti untuk mengisi posisi manajer timnas Inggris U21. Posisi itu sebelumnya ditempati Southgate sebelum menjadi pelatih sementara timnas senior.

Selain itu, Gareth Southgate juga menginginkan didampingi Steve Holland, yang saat ini menjadi asisten pelatih di klub Chelsea FC. Media Mirror memberitakan Steve Holland sudah bersedia untuk bergabung di tim pelatihan timnas meski baru akan permanen setelah musim Liga Inggris ini berakhir. (AFP/Mirror/Guardian/Sky) 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!