BERITA

Ruas Jalan Tol Pertama di Sumsel Selesai, Jokowi Minta Digratiskan Sementara

Ruas Jalan Tol Pertama di Sumsel Selesai, Jokowi Minta Digratiskan Sementara

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo meminta pengelola jalan tol untuk sementara waktu menggratiskan biaya penggunaan jalan tol Palembang-Pamulutan sepanjang 7,75 kilometer.

Jalan tol Palembang-Pamulutan merupakan seksi 1 tol Palembang-Indralaya, yang termasuk ruas tol Trans-Sumatera. Tol Palembang-Pamulutan sudah selesai dikerjakan oleh perusahaan BUMN PT Hutama Karya. 

Presiden Joko Widodo telah meresmikan penggunaan jalan tol tersebut. Saking gembiranya, Jokowi meminta pengelola jalan tol menggratisan biaya jalan tol untuk sementara waktu hingga akhir tahun 2017.

"Saya sangat senang sekali. Ini adalah jalan tol pertama yang ada di Sumatera Selatan. Saya minta, meskipun ini jalan tol, meskipun bayar---jalan tol kan bayar---saya minta ini biar bisa dilihat dan dinikmati masyarakat awal-awal ini. Sampai akhir tahun tolong jangan dipungut dulu. Nanti kalau sudah sambung dengan seksi 2 dan 3, baru bolehlah dipungut biaya. Paling berapa lama sih, dua bulan nggak lama," kata Jokowi saat meresmikan jalan tol itu, Kamis (12/10/2017). 


red

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/07-2017/sebagian_ruas_tol_trans_sumatera_ditargetkan_beroperasi_2018/91316.html">Sebagian Ruas Tol Trans Sumatera Ditargetkan Beroperasi 2018</a>&nbsp;&nbsp;</b><br>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/terkini/11-2016/tahun_depan__70_km_jalan_tol_transsumatra_siap_beroperasi/86854.html">2017, 70 Km Jalan Tol Trans Sumatra Siap Beroperasi</a>&nbsp;&nbsp; &nbsp;</b><br>
    

Mengutip keterangan resmi Biro Pers Istana yang diterima KBR, ruas tol Palembang-Pamulutan memiliki konstruksi khusus lantaran lahan itu sebelumnya berupa rawa-rawa. Hal ini menyebabkan anggaran pembangunannya lebih tinggi 1,5 kali lipat dibanding proyek jalan tol biasa.

"Medannya sangat berat sekali. Di sini adalah rawa-rawa, perlu konstruksi-konstruksi khusus. Waktu saya lihat, penyedotan air dari bawah untuk dibuang itu juga pekerjaan yang sangat sulit," kata Jokowi.

Pada kunjungan kerja ke Sumatera kali ini, Presiden juga dijadwalkan meresmikan ruas tol Trans-Sumatera di lokasi lain. Yakni ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan ruas Medan-Binjai. Jokowi menargetkan 580 kilometer tol Trans-Sumatera rampung akhir tahun ini. 

"Hitungan kita itu 2019 kira-kira 1.850 kilometer Tol Trans-Sumatera selesai. Karena sampai akhir tahun ini kira-kira 580 km selesai," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, pembangunan infrastruktur seperti jalan tol ini sangat penting untuk meningkatkan daya saing bangsa. Mobilitas orang dan barang akan semakin cepat sehingga menggerakkan ekonomi di daerah. Harga-harga juga akan semakin murah.


red
>

Editor: Agus Luqman 

  • Tol Trans Sumatera
  • proyek jalan tol Trans Sumatera
  • Trans Sumatera
  • Trans-Sumatera
  • Proyek Jalan Tol
  • pembangunan jalan tol
  • jalan tol jokowi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!