BERITA

Terus Diburu, Populasi Penyu Banyuwangi di Ambang Punah

Terus Diburu, Populasi Penyu Banyuwangi di Ambang Punah



KBR, Banyuwangi - Populasi penyu di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, hampir punah. Hal itu akibat perburuan yang terus-menerus, menyebabkan perkembangbiakan terganggu.

Ketua Yayasan Penyu Banyuwangi Wiyanto Haditanojo mengatakan berkurangnya perkembangbiakan penyu tersebut disebabkan maraknya perburuan daging dan telur penyu. Bahkan, saat ini telur penyu mudah dijumpai diperjualbelikan di pasar-pasar tradisonal di Banyuwangi.  


Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/05-2016/satpol_air_banyuwangi_gagalkan_pencurian_penyu_di_pantai_alas_purwo/80841.html"> Satpol Air Banyuwangi Gagalkan Pencurian Penyu di Pantai Alas Purwo</a>&nbsp; <br>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/06-2014/kasus_jual_beli_telur_penyu_ilegal_cukup_tinggi/57886.html"> Kasus Jual Beli Telur Penyu Ilegal Cukup Tinggi</a>&nbsp; <br>
    


Wiyanto mengatakan faktor pencemaran limbah di sepanjang pesisir Banyuwangi juga menambah terus berkurangnya populasi penyu yang ditemukan.


Ia berharap masyarakat tetap bisa menjaga lingkungan untuk mempertahankan  populasi penyu.


"Populasi penyu saat ini sudah memprihatinkan. Tambah lama trennya jadi menurun (jumlahnya). Karena kondisi alamnya saat ini juga banyak pencemaran, seperti sampah plastik, itu termakan penyu," kata Wiyanto Haditanojo saat pelepasan tukik hasil penangkaran, di Pantai Boom Banyuwangi, Selasa (25/10/2016).


Ketua Yayasan Penyu Banyuwangi Wiyanto Haditanojo menambahkan populasi penyu di Banyuwangi saat ini tinggal 20 hingga 30 persen saja dari angka 800-an ekor. Berkurangnya perkembangbiakan penyu tersebut sebagian besar dari ulah manusia.


Wiyanto memprediksi populasi penyu akan punah di Banyuwangi dalam beberapa tahun ke depan antara lima hingga 10 tahun. Untuk itu, pemerintah diharapkan bisa memperhatikan populasi hewan ini dengan memberi sanksi tegas terhadap pemburu telor penyu.


Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/muliartha/01-2013/perdagangan_penyu_hidup_terus_meningkat/52596.html"> Perdagangan Penyu Hidup Terus Meningkat</a>  </b></li>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/02-2013/penyu_belimbing_raksasa_diperkirakan_punah_20_tahun_lagi/8621.html"> Penyu Belimbing Raksasa Diperkirakan Punah 20 Tahun Lagi</a>&nbsp; <br>
    


Editor: Agus Luqman 

  • penyu
  • perburuan penyu
  • Banyuwangi
  • Jawa Timur
  • satwa terancam punah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!