BERITA

Kualitas Raskin Buruk, Bulog Purbalingga Mengeluh Gudang Bocor

Kualitas Raskin Buruk, Bulog Purbalingga Mengeluh Gudang Bocor



KBR, Purbalingga - Sebagian warga di Pubalingga Jawa Tengah yang menerima beras untuk rakyat miskin (raskin) memilih menjualnya kembali karena kualitas yang buruk.

Raskin yang mereka terima dianggap tidak layak konsumsi. Berasnya berwarna kekuningan, berkutu, berbau apek sangat menyengat dan jika dimasak nasinya berbau.


Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/06-2016/warga_dua_desa_di_banyumas_mengaku_menerima_raskin_kualitas_buruk/82566.html"> Warga Dua Desa di Banyumas Mengaku Menerima Raskin Kualitas Buruk</a>&nbsp; <br>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/06-2016/tak_layak_dikonsumsi__ratusan_keluarga_di_bondowoso_kembalikan_raskin/82443.html"> Tak Layak Dikonsumsi, Ratusan Keluarga di Bondowoso Kembalikan Raskin</a>&nbsp; <br>
    


Kepala Gudang Bulog Purbalingga, Pujo mengatakan buruknya kualitas raskin yang beredar dipengaruhi kerena gudang lembab, dan atap gudang sering bocor. Selain itu proses penyimpanan terlalu lama.


"Rata-rata untuk kualitas raskin yang ada di pengaruhi iklim atau kondisi kelembaban gudang. Lalu proses penyimpanan ada yang beberapa bulan ada yang lama, karena peneriman dari mitra tidak konstan. Kalau stok banyak, otomatis penyimpanan akan lama," kata Pujo kepada KBR, Kamis (6/10/2016).


"Cuaca juga sering hujan, sering terjadi kebocoran atap gudang penyimpanan. Biasanya beras menjadi krongkol, tapi kita tidak salurkan. Namun karena kondisinya di karung kita tidak tahu, jadi kita berkomitmen dengan penerima raskin apabila ada beras yang kualitas buruk untuk segera menghubungi kami," lanjut Pujo.


Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/08-2016/tahun_depan_pemerintah_ujicoba_kupon_pangan_pengganti_raskin___/84132.html"> Tahun Depan Pemerintah Ujicoba Kupon Pangan Pengganti Raskin</a> </b></li>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/04-2014/kualitas_raskin_buruk__kpk_ultimatum_pemerintah/26869.html"> Kualitas Raskin Buruk, KPK Ultimatum Pemerintah</a>&nbsp; <br>
    


Meskipun sudah ada himbauan untuk menukarkan raskin berkualitas buruk, namun masyarakat enggan melakukannya.


Beberapa warga yang dihubungi mengatakan raskin yang diterima tidak pernah baik, sehingga merepotkan jika harus setiap bulan menukarkan raskin tersebut ke Bulog.


Editor: Agus Luqman 

  • Raskin
  • kualitas raskin
  • Purbalingga
  • Jawa Tengah
  • Bulog

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!