BERITA

Bertemu Menhan Australia, Ryamizard Ajak Tegur Negara Pendukung Papua Merdeka

Bertemu Menhan Australia, Ryamizard Ajak Tegur Negara Pendukung Papua Merdeka


KBR, Jakarta- Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu akan mengajak Australia menegur negara-negara pendukung Papua Merdeka. Ryamizard direncanakan bertemu dengan Menteri Pertahanan Australia Marise Payne dalam pertemuan two plus two (pertemuan menteri luar negeri dan menteri pertahanan dua negara) di Bali pada 28 Oktober besok.

Kata dia, dukungan pada kemerdekaan Papua merupakan bentuk intervensi terhadap kedaulatan Indonesia

"Dan saya juga akan sampaikan kepada Australia, agar ya sama-sama kita menegur sajalah. Negara-negara yang mengajak-ngajak Papua merdeka, nggak benar, nanti saya akan sampaikan, nggak benar. Tahun lalu saya sudah bilang, saya tidak akan pernah ikut-ikut campur negara lain, negara-negara lain tidak boleh ikut-ikut campur," kata Ryamizard di Kantor Staf Presiden, Kamis (27/10/2016).


Sebelumnya dukungan kepada kemerdekaan Papua kencang disuarakan oleh negara-negara di Kepulauan Pasifik, di antaranya Fiji, Vanuatu,   dan Kepulauan Solomon.


Dalam pertemuan di Bali besok, Menteri Pertahanan bakal mendiskusikan juga tentang Laut China Selatan serta masalah terorisme. Selain itu, Ryamizard mengaku bakal diundang untuk melihat pangkalan militer Australia.


"Menteri pertahanan mereka itu akan mengajak saya melihat tempat-tempat militernya termasuk di Darwin, tempat ada marine, dia akan mengajak ke sana. Itulah keterbukaan dia," lanjut dia.


Editor: Rony Sitanggang

  • pertemuan two on two
  • Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!