BERITA

Miliarder Jepang Yusaku Maezawa Menjadi Penumpang Pertama SpaceX yang akan Pergi ke Bulan

Miliarder Jepang Yusaku Maezawa Menjadi Penumpang Pertama SpaceX yang  akan Pergi ke Bulan

KBR - Miliarder Jepang Yusaku Maezawa pendiri pusat mode online, Zozotown, akan menjadi penumpang angkasa pertama SpaceX dalam perjalanan mengelilingi Bulan.  Maezawa telah menyewa pesawat di perusahaan Big Falcon Rocket (BFR) untuk perjalanan mengelilingi Bulan, yang diperkirakan akan berlangsung pada 2023 mendatang.

“Sejak saya masih kecil, saya menyukai bulan. Itu selalu ada dan terus menginspirasi umat manusia," kata Maezawa dilansir dari cnbc.

Menariknya, Maezawa menyatakan, dia tidak hanya membeli satu kursi pada perjalanan tersebut. Dikutip dari forbes, ia membeli seluruh pesawat ruang angkasa. Maezawa bermaksud untuk berbagi dengan 6-8 seniman dari berbagai negara yang mewakili gaya seni yang berbeda.

Tujuan proyek Maezawa adalah agar para seniman terinspirasi oleh perjalanan luar angkasa tersebut dan menciptakan seni tentang hal itu ketika kembali ke Bumi.

Namun, Maezawa belum memutuskan artis mana yang akan dibawa.

Hanya dua lusin orang yang pernah ke bulan. Terakhir kali manusia mengunjungi bulan yaitu saat misi Apollo terakhir pada tahun 1972.

CEO SpaceX, Elon Musk mengatakan perjalanan ke bulan akan memakan waktu empat atau lima hari.

Dilansir dari CNN, pelanggan akan terbang dengan Big Falcon Rocket (BFR), sistem pesawat ruang angkasa baru yang sedang dibangun oleh SpaceX. Roket ini terdiri dari pendorong roket besar yang diyakini mengungguli semua pesawat ruang angkasa  yang pernah dibangun. Roket ini dijuluki BFS untuk Big Falcon Spaceship, yang akan berkubah dari atmosfer Bumi.

Presiden SpaceX, Gwynne Shotwell, mengatakan pada sebuah konferensi di luar Washington, ia berharap pesawat antariksa itu akan melakukan penerbangan uji coba tahun depan.

Shotwell juga mengatakan roket bisa mencapai orbit untuk pertama kalinya pada 2020 dan kemungkinan mengirim kargo ke Bulan atau Mars pada 2022.(mlk)

 

  • Bulan
  • yusaku maezawa
  • SpaceX
  • big falcon rocket
  • Elon Musk

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!