Jokowi Janjikan Bonus Atlet Asian Para Games Setara Asian Games

Pra atlet yang memperoleh medali emas pada Asian Para Games akan mendapatkan bonus Rp1,5 miliar, sedangkan peraih medali perak mendapat bonus Rp500 juta, dan peraih perunggu mendapat Rp250 juta.

Jumat, 07 Sep 2018 13:44 WIB

Presiden Joko Widodo saat pemberian bonus kepada atlet peraih medali Asian Games di Istana Negara Jakarta, Minggu (2/9/2018). (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo menjanjikan bonus untuk atlet disabilitas peraih medali pada Asian Para Games 2018 setara dengan bonus medali Asian Games.

Hal itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi. Imam mengatakan, Jokowi juga memastikan fasilitas lain yang diterima atlet Asian Para Games, akan sama dengan yang sebelumnya diterima atlet Asian Games 2018.

"Semua persiapan sudah dilaksanakan dan Pak Presiden betul-betul concern untuk melihat bahwa Pelatnas harus dilihat secara detail. Seluruh kebutuhan atlet harus dipenuhi, alat tanding juga dipenuhi, dan itu juga sudah kami laksanakan dengan baik," kata Imam di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (7/9/2018).

"Demikian pula, Pak Presiden juga concern terhadap rencana pemberian bonus yang setara dengan atlet Asian Games. Jadi penyamarataan betul-betul harus dilaksanakan, sehingga jumlah bonus, termasuk bonus-bonus yang lain juga akan diberikan secara sama dengan atlet Asian Games," jelasnya.

Imam mengatakan, pemerintah menargetkan Indonesia menempati peringkat tujuh pada Asian Para Games 2018. Target tersebut naik dua peringkat dari ajang sebelumnya di Incheon, Korea Selatan, 2014 lalu.

Untuk mencapai peringkat tersebut, para atlet ditargetkan mampu mengumpulkan 16 hingga 19 medai dari 18 cabang olah raga dipertandingkan.

Imam menjabarkan, para atlet yang memperoleh medali emas pada Asian Para Games akan mendapatkan bonus Rp1,5 miliar, sedangkan peraih medali perak mendapat bonus Rp500 juta, dan peraih perunggu mendapat Rp250 juta.

Imam juga optimistis semua atlet Indonesia siap untuk bertanding pada gelaran Asian Para Games, 6 hingga 13 Oktober mendatang.

Dalam perhelatan Asian Games 2018 kemarian, Indonesia menempati posisi ke empat klasemen akhir perolehan medali. Indonesia mendapat 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu. Ini adalah peringkat terbaik Indonesia setelah menjadi peringkat kedua pada Asian Games 1962 di Jakarta.

Editor: Gilang Ramadhan

Komentar
Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Puluhan organisasi Masyarakat sipil melalui gerakan #BersihkanIndonesia menantang kedua capres dan cawapres yang berlaga dalam Pemilu Presiden 2019 mewujudkan komitmen “Indonesia Berdaulat Energi".