Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual, Bos Media CBS Mengundurkan diri

Gugatan terhadap Moonves menyusul laporan terbaru di majalah The New Yorker pada Juli lalu, mengenai pelecehan seksual yang dilakukannya.

Senin, 10 Sep 2018 10:46 WIB

Les Moonves, CEO perusahaan media CBS, dituduh melakukan pelecehan seksual pada 12 perempuan (Foto: NPR)

KBR, Jakarta- CEO media televisi Amerika Serikat CBS menundurkan diri dari jabatannya setelah muncul tuduhan pelecehan seksual yang dilakukannya. Pengunduran diri Les Moonves disampaikan dalam pernyataan di website CBS pada Minggu (09/09/2018). Posisi CEO sementara akan digantikan oleh Pimpinan Operasiomal Perusahaan Joseph Ianniello.

Gugatan terhadap Moonves menyusul laporan terbaru di majalah The New Yorker pada Juli lalu. Dilansir dari National Public Radio, dalam laporan yang ditulis oleh Ronan Farrow, enam perempuan mengaku telah dilecehkan oleh Moonves, antara tahun 1980-an dan akhir tahun 2000-an. Mereka menduga perlakuan Moonves dilakukan karena ingin membalas dendam pada para perempuan yang tidak mau menerima uang darinya.

“Empat perempuan menggambarkan sentuhan dan ciuman secara paksa di dalam pertemuan-pertemuan bisnis,” tulis Farrow dalam laporanya. Farrow juga menambahkan kalau dua perempuan lainnya mengatakan, Moonves secara fisik mengintimidasi mereka atau mengancam akan menghancurkan karir mereka.

Atas laporan itu, Moonves memberikan pernyataan kalau itu merupakan kesalahan yang ia sesali. Moonves juga menambahkan kalau ia tidak pernah menyalahgunakan posisinya untuk mengancam karir seseorang. “Saya mengakui bahwa beberapa dekade lalu ada saat dimana saya telah membuat sebagian perempuan tidak merasa nyaman. Itu adalah kesalahan, dan saya sangat menyesalinya.. Saya tidak pernah menyalahgunakan posisi saya untuk merugikan atau merintangi karir siapa pun,” katanya dikutip dari National Public Radio. Moonves menduga, tuduhan ini dilakukan oleh seseorang yang ingin menjatuhkan karirnya.

Saham CBS jatuh setelah tuduhan muncul. Beberapa hari kemudian, Dewan Direksi CBS menyewa dua firma hukum untuk melakukan penyelidikan independen atas tuduhan dan budaya di CBS secara umum dan meluas. Namun, hingga saat ini masih belum ada hasil yang ditemukan, sehingga Moonves belum mendapat dakwaan apapun.

Total terdapat 12 perempuan yang mengaku menjadi korban pelecehan seksual. Pihak CBS menjanjikan dukungan 300 triliun kepada organisaasi gerakan feminis, seperti #MeToo dari Moonves dan perusahaan, serta menegakkan kesetaraan gender di antara pekerja media.  (mlk)

Komentar
Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

Saat ini ada banyak cara dan sarana untuk membantu orang lain. Lewat NusantaRun salah satunya.