BERITA

Jokowi Sarankan Perindo Gunakan Jurus 'Berdagang' Menangkan Pemilu 2019

 Jokowi Sarankan Perindo Gunakan Jurus 'Berdagang' Menangkan Pemilu 2019

KBR, Jakarta - Bakal calon presiden pertahana Joko Widodo  menyarankan Partai Perindo yang, tergabung dalam koalisinya untuk memenangkan Pemilu 2019  dengan jurus berdagang. Di hadapan para kader Partai Perindo, Jokowi pun menyampaikan pandangannya soal persamaan prinsip antara berkampanye politik dan berdagang. Meliputi, penentuan target pemilih yang spesifik dan penyusunan metode kampanye yang unik dibanding partai lain.

"Dari pengalaman saya berjualan produk, saya lihat-lihat jualan produk dan politik itu mirip-mirip. Caranya mirip-mirip, harus ada diferensiasi, harus ada domain branding, semuanya," tutur Jokowi saat pembekalan ke para caleg Perindo untuk Pemilu 2019, di Gedung Inews, Jakarta, Senin (17/9/2018). 

"Saya kira Bapak-Ibu semuanya sudah mengerti di luar kepala. Inilah yang saya bawa dari marketing produk ke marketing politik," lanjut Jokowi.

Ia melanjutkan, partai harus memiliki beragam strategi untuk memenangkan Pileg dan Pilpres yang digelar bersamaan, untuk pertama kalinya.

Saat ini menurut Jokowi, muncul konsep berdagang yang populer. Yakni melalui micro-targeting, micro-campaign, dan canvassing. Tapi ia mengklaim strategi berdagang itu telah ia gunakan saat kampanye untuk Pemilihan Walikota Solo, 14 tahun lalu. Jokowi menyebut dirinya telah menggunakan prinsip 'berdagang' dalam berkampanye jauh sebelum teori itu kini kerap digaungkan. Kata dia, tak ada orang yang mengenalnya sebelum 2004, tapi ternyata mampu memenangkan Pilwalkot.

Jokowi berujar, Perindo dan partai lain di koalisinya bisa mulai memikirkan strategi paling efektif untuk menghimpun suara pada Pemilu 2019. Apalagi, pekerjaan partai kian berat karena harus memenangkannya sebagai presiden dan calegnya sekaligus. Kepada para caleg, Jokowi pun meminta agar tak segan mendekati dan menemui pemilihnya secara langsung guna mempromosikan visi-misi.

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/03-2018/rapimnas_tegaskan_dukungan__jokowi_sebut_hapal_mars_perindo/95459.html">Rapimnas Tegaskan Dukungan, Jokowi Sebut Hapal Mars Perindo</a><br>
    
    <li><a href="http://kbr.id/berita/03-2018/perindo_langgar_aturan_tapi_lolos_sanksi__begini_alasan_bawaslu/95503.html"><b>Perindo Langgar Aturan Tapi Lolos Sanksi, Begini Jawaban Bawaslu</b></a>&nbsp;<br>
    




Editor: Nurika Manan

  • Joko Widodo
  • capres jokowi
  • Perindo
  • Pemilu 2019
  • Pileg 2019
  • #indonesia2019

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!