BERITA

Presiden Jokowi Minta Proyek Infrastruktur Jakarta-Sukabumi Dipercepat

""Kita ngomong apa adanya ya. Dari Jakarta ke Sukabumi itu bisa memakan waktu enam sampai tujuh jam. Bahkan dari bandara Soekarno-Hatta ke Sukabumi ada yang menyampaikan sembilan jam," kata Jokowi."

Presiden Jokowi Minta Proyek Infrastruktur Jakarta-Sukabumi Dipercepat
Presiden Joko Widodo di lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (1/9/2017). (Foto: ANTARA/Biro Pers Istana/Agus Suparto)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo meminta sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di Sukabumi, Jawa Barat dikebut.

Salah satu yang jadi perhatian adalah proyek pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Bocimi yang sempat mangkrak. Presiden Jokowi menargetkan proyek itu bisa rampung tahun depan.


Presiden Jokowi mengatakan beroperasinya tol Bocimi diharapkan mampu mengurai kemacetan dan memperpendek waktu tempuh.


"Kalau kita lihat, kita ngomong apa adanya ya. Dari Jakarta ke Sukabumi itu bisa memakan waktu enam sampai tujuh jam. Bahkan dari bandara Soekarno-Hatta ke Sukabumi ada yang menyampaikan ke saya, memakan waktu sembilan jam. Kemacetan ini yang akan kita selesaikan. Jadi saya perintahkan kemarin untuk tol Bocimi itu dipercepat selesainya," kata Jokowi di Sukabumi, Jumat (1/9/2017).


Baca juga:


Presiden Jokowi menambahkan, proyek infrastruktur lain yang segera digarap adalah jalur kereta jalur ganda (double track) Bogor-Sukabumi. Pembangunan ditargetkan dimulai tahun ini dengan anggaran Rp400 miliar.

"Dengan begitu, Jakarta-Sukabumi itu double track semuanya. Sehingga arus barang, mobilitas orang, baik dari bandara Jakarta, dari Bogor ke Sukabumi ini akan semakin cepat," kata Jokowi.


Jokowi juga menjanjikan revitalisasi jalur kereta dari Sukabumi sampai ke Bandung. Ia memerintahkan jajarannya untuk melakukan survei dan mengerjakannya tahun depan.


"Saya juga perintahkan untuk survei kereta yang dari Sukabumi menuju Cianjur, menuju ke Bandung. Revitalisasi total, harus dilihat lagi. Kalau dimulai tahun berikutnya, berarti 2019," kata Jokowi.


Presiden Joko Widodo berada di Sukabumi, Jawa Barat sejak Kamis (31/8/2017) dalam rangka kunjungan kerja. Selain meninjau proyek infrastruktur, Jokowi juga membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan sertifikat lahan kepada warga Sukabumi.


Pagi ini Jokowi melaksanakan Salat Idul Adha bersama ribuan warga Sukabumi di Lapangan Merdeka, Kota Sukabumi. Ia juga menyerahkan satu ekor sapi seberat 1,4 ton sebagai hewan kurban kepada panitia kurban di Masjid Agung Sukabumi.


Editor: Agus Luqman 

  • tol bocimi
  • Bocimi
  • infrastruktur transportasi
  • percepatan proyek infrastruktur
  • Proyek Infrastruktur
  • Sukabumi
  • proyek double track kereta api
  • proyek jalur ganda kereta api
  • double track

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!