Dua Hercules Mendarat, Pemerintah Bangladesh Bantu Salurkan Bantuan RI untuk Rohingya

"Para pengungsi sudah menumpuk. Selain tinggal di kamp yang dibangun dengan sederhana itu, para pengungsi juga ada di tenda-tenda bivak yang dibuat dari terpal dan plastik."

Jumat, 15 Sep 2017 10:57 WIB

Bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk pengungsi Rohingya tiba di Kota Chittagong, Bangladesh, Kamis (14/9/2017) malam. (Foto: Biro Pers Istana)

KBR, Jakarta - Dua pesawat Hercules yang mengangkut bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk pengungsi Rohingya mendarat di Bandara Internasional Shah Amanat, Chittagong, Bangladesh, Kamis (14/9/2017) malam. 

Chittagong merupakan kota terbesar kedua di Bangladesh bagian tenggara yang berdekatan dengan Myanmar. 

Bantuan selanjutnya diserahterimakan Duta Besar Indonesia untuk Bangladesh Rina Soemarno kepada pemerintah Bangladesh yang diwakili Bupati Chittagong, Md Zillur Rahman Chowdhury. 

Rina Soemarno mengatakan pemerintah Bangladesh bakal membantu mendistribusikan bantuan ke Coxss Bazar, kota terdekat dari lokasi pengungsi. 

"Kemudian dari sini kita akan membantu membawa ke kota Coxss bazar, kota yang terdekat dengan daerah pengungsi. Sekitar 170 km dari kota ini. Kita akan bantu sampai di sana, karena nanti dari sana, pemerintah Bangladesh akan bekerja sama dengan organisasi-organisasi internasional yang bekerja di lapangan untuk mendistribusikan bantuan-bantuan dan mengurus para pengungsi sehari-hari," kata Rina sebagaimana rilis yang diterima KBR dari Biro Pers Istana, Jumat (15/9/2017).


Duta Besar RI untuk Bangladesh Rina Soemarno menyerahkan bantuan untuk pengungsi Rohingya kepada Bupati Chittagong di Bangladesh, Kamis (14/9/2017) malam waktu setempat. (Foto: Biro Pers Istana)

Baca juga:

Duta Besar Indonesia untuk Bangladesh Rina Soemarno mengatakan kondisi pengungsi Rohingya di perbatasan sangat memprihatinkan. Banyak dari pengungsi yang tinggal di tenda-tenda tidak layak huni, karena kamp pengungsian kelebihan kapasitas. Para pengungsi juga terancam terserang berbagai penyakit.

"Daerahnya juga sangat becek, kena hujan. Para pengungsi sudah menumpuk. Selain tinggal di kamp yang dibangun dengan sederhana itu, para pengungsi juga ada di tenda-tenda bivak yang dibuat dari terpal dan plastik," kata Rina Soemarno.


Selain bantuan yang sudah tiba di Bangladesh, pemerintah Indonesia juga akan mengirimkan bantuan berikutnya. Dua pesawat Hercules lain rencananya akan diberangkatkan Jumat(15/9/2017) dari Pangkalan TNI AU Sultan Iskandar Muda, Aceh. 

"Secepatnya kita sesuaikan dengan flight clearance yang diberikan. Menurut info Ibu Dubes, rencananya pada Jumat dengan waktu yang sama. Kita akan laksanakan ini sampai tuntas sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh pemerintah dan rakyat Indonesia," kata Dansatgas Civic Mission TNI AU Marsma TNI Nanang Santoso. 

Editor: Agus Luqman 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

Pekan Ini, Pemerintah Keluarkan Rekomendasi Pembangunan Gedung DPR

  • KPU Banyuwangi Terima Anggaran 32 Miliar Untuk Pilgub Jatim 2018
  • Kejar Anggota yang Membelot, Tentara Korut Terobos Perbatasan
  • Apple Akan Buat iPhone dan Mac 100 Persen Daur Ulang