Balap Sepeda Tour de Banyuwangi Ijen 2017, Negara Partisipan Bertambah

"Dari hasil evaluasi kami, ada beberapa pembalap yang sebelumnya sempat turun di Tour de France."

Kamis, 14 Sep 2017 12:01 WIB

Balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen 2015. (Foto: kemenpora.go.id/Publik Domain)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}

KBR, Banyuwangi - Kejuaraan balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) masih menarik minat dunia internasional. Pada perhelatan Tour de Banyuwangi Ijen 2017, jumlah negara yang ikut meramaikan perhelatan itu berjumlah 29 negara.

Jumlah itu bertambah dari ajang serupa 2015 yang hanya diikuti tim balap sepeda dari 25 negara dan 2016 yang diikuti 24 negara. 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi Wawan Yadmadi mengakatan, puluhan negara yang akan ikut dalam kejuaaraan balap sepada itu antara lain Iran yang merupakan peserta langganan, Jepang, Korea Selatan, Afrika Selatan hingga Eritria.

Ada juga peserta pembalap sepeda dari Prancis, Itali, Belanda, Rusia, Irlandia, Swiss, Jerman, Australia, Kolombia, dan Selandia Baru. Para pembalap itu akan tergabung dalam 20 tim.

Tour de Banyuwangi Ijen 2017 akan digelar 27 hingga 30 September di Banyuwangi Jawa Timur, dengan menempuh empat etape sepanjang 533 kilometer. Di empat etape itu, pembalap sepeda akan melewati bentang alam Banyuwangi mulai dari susur sungai dan pantai, perkebunan hingga pusat kota.

"Positif ada 29 negara. Yang membanggakan kami tahun ini ada peserta dari Asia, Afrika, Eropa, Oseania, Australia Amerika dan Selandia Baru. Dari hasil evaluasi kami, ada beberapa pembalap yang sebelumnya sempat turun di Tour de France. Ada dari mereka yang bergabung dengan tim," kata Wawan Yadmadi di Banyuwangi, Kamis (14/9/2017).

Wawan Yadmadi menambahkan Internasional Tour de Banyuwangi Ijen tidak hanya menonjolkan sisi olahraga, namun juga sebagai cara Banyuwangi mengenalkan pesona wisata. Diantaranya rute balapan akan menyusuri keindahan alam Banyuwangi dan sejumlah destinasi wisata.

Kejuaraan balap sepeda ini, kata Wawan, akhirnya tidak hanya ditujukan bagi para pembalap saja namun juga bisa dinikmati para wisatawan. Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI)  merupakan  ajang tahunan yang telah masuk agenda resmi induk organisasi balap sepeda internasional (Union Cycliste Internationale/UCI) sejak 2012 lalu.

Selama lima tahun penyelenggaraan, ITdBI mendapat predikat excellence selama dua tahun terakhir berturut-turut dari UCI. Ini menjadikan ITdBI masuk dalam tujuh kejuaraan balap sepeda terbaik di Asia dan terbaik di Indonesia. 

Baca juga:

Editor: Agus Luqman 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!

  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum
  • SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan
  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...

Polisi Buru Penyebar Hoaks Gunung Agung Meletus

  • Frekwensi Kegempaan Gunung Agung Meningkat
  • Anak-anak Pengungsi Gunung Agung Mulai Belajar di Sekolah Terdekat
  • Pansus Angket KPK Akan Sampaikan Laporan Sementara Besok