BERITA

2017-08-29T14:06:00.000Z

PPATK Temukan Sisa Dana 7 miliar dari First Travel

""Jadi ada sisa dana dari rek First Travel, kita sudah menutup 50 rekening ""

PPATK Temukan Sisa Dana  7 miliar dari First Travel
Sejumlah korban First Travel mengisi formulir di Posko Pengaduan Korban PT First Travel di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (22/8). (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan sisa dana sebesar 7 miliar dari perusahaan penyedia jasa travel dan umrah First Travel. Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin mengatakan, jumlah itu berdasarkan hasil penelusuran dari 50 rekening yang sudah dibekukan PPATK dari First Travel.

"Nanti ditanyakan lagi ke Bareskrim. Kita sudah sampaikan supaya tidak simpang siur. Jadi ada sisa dana dari rek First Travel, kita sudah menutup 50 rekening yang di dalamnya terdapat dana 7 miliar," katanya saat ditemui di kantornya, Selasa (29/08/17).


Badaruddin juga membenarkan adanya aliran dana yang digunakan First Travel untuk membeli saham sebesar 40 persen sebuah restoran di London, Inggris. Namun PPATK masih menelusuri lagi, apakah ada sisa dana dari pembelian aset rumah makan tersebut.


"Ya ada transaksi untuk itu (pembelian resto). Tapi nanti dicek lagi masih ada sisa dana atau tidak," jelasnya.


Badaruddin menambahkan, PPATK melihat sejak 2011 hingga 2017 banyak transaksi yang sudah dilakukan. Dari uang jamaah, kata dia, memang banyak juga yang telah dikeluarkan untuk keperluan memberangkatkan peserta umrah. Namun PPATK juga mengendus adanya dana yang digunakan untuk pribadi.


"Aliran dananya ada yang buka rekening, ada beli tiket, nyewa hotel, berangkat jamaah. Operasional ada, untuk pribadi juga ada," kata dia.


Editor: Rony Sitanggang

  • Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin
  • first travel

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • wenny7 years ago

    Halo, Perkenalkan, Nama saya Wenny Saya adalah development dari ForexMart, Kami melihat website anda dan kami ingin mendiskusikan kerjasama kemitraan dengan Anda.  Boleh saya minta kontaknya untuk menjelaskan lebih lanjut atau anda bisa langsung menghubungi saya ke [email protected], terimakasih