Lepas Kontingen Sea Games XXIX, Ini Pesan Jokowi

"Saat saudara-saudara jatuh, 250 juta rakyat Indonesia akan ikut menangis. Dan, saat saudara-saudara bangkit, 250 juta rakyat Indonesia juga akan bersorak gembira,"

Senin, 07 Agus 2017 11:59 WIB

Presiden Joko Widodo (kiri) menyerahkan bendera Merah Putih kepada Ketua Kontingen Indonesia SEA Games XXIX Malaysia Aziz Syamsuddin (kedua kiri) saat upacara pelepasan di halaman Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/8). (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo berharap Indonesia kembali menjadi juara umum Sea Games XXIX  yang akan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia. Ketika melepas kontingen di Istana Merdeka, Jokowi mengingatkan para atlet tentang prestasi Indonesia yang pernah 10 kali merajai pesta olahraga se-Asia Tenggara itu.

Kepala negara menegaskan seluruh rakyat Indonesia mendukung perjuangan para atlet untuk mengharumkan nama bangsa.

"Negara berpenduduk terbanyak di Asia Tenggara, 250 juta penduduk yang mendukung saudara–saudara untuk mengharumkan nama bangsa dan negara. Saat saudara-saudara jatuh, 250 juta rakyat Indonesia akan ikut menangis. Dan, saat saudara-saudara bangkit, 250 juta  rakyat  Indonesia juga akan bersorak gembira, sebab mereka merasakan kemenangan setiap atlet Indonesia," ujar Jokowi di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Senin (7/8/2017).

Jokowi menekankan Sea Games juga ajang untuk menunjukkan Indonesia adalah bangsa yang tangguh, mampu bersaing dan bermental pemenang.

"Yang menjunjung tinggi fair  play, menjunjung tinggi disiplin. Jadilah sumber inspirasi, sumber optimisme bagi seluruh rakyat Indonesia,"ujar dia.

Jokowi berharap Sea Games bisa dijadikan ajang pemanasan menjelang Asian Games tahun depan.

"Targetnya emas ya emas, targetnya juara ya juara. Dan ini menjadi batu untuk melompat ke Asian Games," tegasnya.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan, dalam Sea Games kali ini, kontingen Indonesia ditargetkan memperoleh 55 medali emas. Prestasi ini diharapkan melampaui Sea Games sebelumnya.

"Kontingen Indonesia diharapkan 55 emas, 96 perak yang diperoleh dari 30 cabang olahraga. Sebagai perbandingan Singapura 47 emas, menduduki peringkat 5," ujar Puan.

Sea Games XXIX akan digelar 19-30 Agustus 2017 di Kuala Lumpur Malaysia. Sebanyak 38 cabang olahraga akan dipertandingkan, memperebutkan 405 medali emas, 405 medali perak dan 529 medali perunggu. Indonesia akan mengikuti 37 cabang olahraga.

Kontingen Indonesia yang diberangkatkan berjumlah 870 orang, terbagi dalam 15 kloter. 


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

KPK Periksa Saksi Meringankan Setnov Pekan Depan

  • Polda Metro Rilis 2 Sketsa Terduga Penyerang Novel
  • Polda Papua Akui Ada Perintah Tembak di Tempat di Tembagapura
  • Pemprov Akan Pelajari Investigasi Ombudsman

Program diharapkan dapat mendukung ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan lahan di daerah masing-masing