Kebakaran Hutan di Taman Nasional Baluran Meluas

BPBD Situbondo mencatat selama sepekan terakhir kebakaran hutan di Taman Nasional Baluran terjadi hampir setiap hari.

Rabu, 23 Agus 2017 16:39 WIB

Ilustrasi. (Foto: ditjenphka.dephut.go.id)

KBR, Situbondo - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo Jawa Timur, mencatat kebakaran hutan akibat kemarau panjang di kawasan hutan Taman Nasional Baluran terus bertambah. Taman Nasional Baluran berada di dua kabupaten yaitu Situbondo dan Banyuwangi.

Pada Senin (21/8/2017) kebakaran melanda sekitar satu hektare lebih hutan jati di Blok T12 kawasan Taman Nasional Baluran. Berdasarkan data BPBD Situbondo, sepekan sebelumnya, ada 22 hektare lahan jati di kawasan hutan baluran juga terbakar. Total luas hutan yang terbakar di kawasan Taman Nasional Baluran saat ini mencapai 23 hetare lebih.

Kordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo  Puriyono, mengatakan selama sepekan terakhir kebakaran hutan di Taman Nasional Baluran terjadi hampir setiap hari.

Baca juga:


Bahkan, kata Puriyono, kebakaran yang terjadi pada Senin lalu lokasinya cukup dekat dengan jalan raya Situbondo. Beruntung petugas gabungan penjinak api berhasil bisa memadamkan api dengan cepat sehingga tidak sampai mengganggu arus lalu lintas baik dari arah Kabupaten Banyuwangi maupuan dari arah Kabupaten Situbondo.

"Pemadaman melibatkan tim unsur gabungan dari masyarakat peduli api, Perhutani, Kepolisian, Marinir, Kodim, BPBD dan Polhut. Lokasinya ada di pinggir jalan raya, tapi tidak mengganggu arus lalu lintas," kata Puriyono, Rabu (23/8/2017).

Puriyono memperkirkan kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Baluran masih terus terjadi, mengingat musim kemarau masih cukup panjang. BPBD Situbondo mengimbau pengguna jalan untuk berhati-hati pada saat melintas di kawasan hutan Baluran, karena asap akibat kebakaran hutan sering kali menggagu jarak padang jalan.

Saat ini petugas gabungan dari BPBD Situbondo, Perhutani, Balain Taman Nasional Baluran dan para relawan peduli api terus memantau kebakaran hutan di Taman Nasional Baluran melalui posko bersama siaga kebakaran hutan di Taman Nasional Baluran. BPBD juga meminta masyarakat langsung turun tangan memadamkan api jika mengetahui ada kebakaran hutan di Taman Nasional Baluran.

Baca juga:


Editor: Agus Luqman 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!

  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum
  • SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan
  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...

Wiranto: Kasus HAM Masa Lalu Sulit Diungkap

  • 131 TKI Ilegal Dideportasi Malaysia
  • Jasa Antar Obat RSUD Blambangan Banyuwangi
  • Pelatih Kritik Kualitas Liga 1