Bibit Wortel Ilegal asal Tiongkok Ditanam di Banjarnegara

Kepala Dinas Pertanian Banjarnegara, Singgih Haryono mengatakan telah mendapatkan sampel atau contoh wortel yang dibudidaya dari bibit asal Tiongkok. Selanjutnya wortel itu akan diuji laboratorium.

Minggu, 27 Agus 2017 14:37 WIB

lustrasi. (Foto: karanganyarkab.go.id/Publik Domain)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}

KBR, Banjarnegara – Bibit wortel asal Tiongkok yang diselundupkan ilegal disinyalir masuk dan ditanam di Kecamatan Batur dan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Pekan lalu Mabes Polri membongkar gudang penyelundupan wortel ilegal di wilayah Surabaya, Jawa Timur.

Kepala Dinas Pertanian Banjarnegara, Singgih Haryono mengatakan telah menerjunkan tim sejak Sabtu (26/8) kemarin ke lahan para petani. Langkah ini untuk mengidentifikasi luasan lahan yang ditanami bibit asal Tiongkok tersebut.

"Ini kami juga lagi menerjunkan tim dari Pengawas Benih. Karena kewenangan benih kan ada di BPSBP (Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Pertanian) di Provinsi. Nah ini teman-teman sedang cek lapangan. Pastinya belum diketahui karena cek lapangan belum selesai," jelas Singgih Haryono di Banjarnegara, Minggu (27/8).

Berdasarkan informasi yang diperoleh Singgih, bibit wortel itu masuk ke Indonesia secara ilegal dan tak melalui prosedur karantina. Itu sebab, dikhawatirkan wortel tersebut membawa bakteri berbahaya, baik untuk tanaman maupun lahan di lokasi pengembangbiakan.

Namun begitu dia mengungkapkan hingga kini belum menerima laporan detail mengenai nama-nama petani maupun total luasan lahan yang ditanami benih wortel  asal Tiongkok itu.

"Dari distributor pengecer belum bisa kita sampaikan. Cuma bisa kami sampaikan, disinyalir memang sudah ada yang masuk ke Banjarnegara. Katanya itu mengandung bakteri apa. Cuma detailnya saya belum bisa membuka keterangan. Itu berbahaya bagi tanaman atau tanahnya, itu kami belum memberikan keterangan lebih detail soal masalah itu."

Baca juga: Polisi Bongkar Penyelundupan Bibit Wortel asal Tiongkok

Kepala Dinas Pertanian Banjarnegara, Singgih Haryono mengatakan telah mendapatkan sampel atau contoh wortel yang dibudidaya dari bibit asal Tiongkok. Selanjutnya wortel itu akan diuji laboratorium oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Pertanian (BPSBP) Jawa Tengah. Ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada zat-zat atau bakteri serta zat renik lain yang berbahaya.

Apabila dilihat dari usia tanaman wortel yang sudah lebih dari 100 hari, dia menduga bibit wortel asal Tiongkok tersebut mulai masuk Banjarnegara sekitar empat bulan lalu. Singgih menambahkan, beberapa lahan pertanian yang telah teridentifikasi menanam benih wortel asal Tiongkok itu ada di Dataran Tinggi Dieng, meliputi Kecamatan Batur dan Wanayasa, Banjarnegara. Tetapi, belum diketahui pasti total luasan lahan.

Kata dia, petani Banjarnegara tertarik dengan benih itu lantaran harganya yang lebih murah dibanding benih serupa di pasaran.



Editor: Nurika Manan

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

Ombudsman RI Temukan Pungli di Pasar Tanah Abang Hingga Rp1 Juta

  • Insentif GTT di Banyuwangi Naik Tiga Kali Lipat
  • Tarif Listrik Naik, Partai Oposisi Bangladeh Serukan Mogok Massal
  • Politikus Jepang Bawa Anak ke Sidang Dewan Dikritik

Program diharapkan dapat mendukung ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan lahan di daerah masing-masing