Acho Jadi Tersangka, YLKI: Hak Konsumen untuk Didengar Keluhannya

"Justru apa yang disampaikan Acho untuk merebut hak konsumen yang dilanggar oleh apartemen Green Pramuka."

Senin, 07 Agus 2017 08:25 WIB

KBR, Jakarta- Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengecam tindakan pengelola apartemen Green Pramuka City yang melaporkan konsumennya, Muhadkly MT alias Acho atas tuduhan pencemaran nama baik. Acho ditetapkan sebagai tersangka atas tulisan di blog pribadinya tentang kerugian yang ia alami selama menjadi penghuni unit apartemen itu.

Ketua YLKI Tulus Abadi menuding PT Duta Paramindo Sejahtera telah mengkriminalisasi Acho. Upaya itu dilakukan untuk membungkam Acho.

"Justru apa yang disampaikan Acho untuk merebut hak konsumen yang dilanggar oleh apartemen Green Pramuka. Dalam UU Perlindungan Konsumen salah satu  hak konsumen didengarkan keluhannya. Saya yakin sudah melalui proses komunikasi tetapi hasilnya tidak memuaskan," ujar Ketua YLKI Tulus Abadi  kepada KBR  Minggu (6/8).

  Menurut dia tidak ada yang salah dalam isi tulisan Acho. Tulus menilai pasal yang dikenakan kepada Acho adalah pasal karet. Padahal, berdasarkan UU Perlindungan Konsumen, seorang konsumen berhak menyuarakan keluhannya.

UU Nomor 8 Tahun 1999 mengatur konsumen memiliki hak untuk menyampaikan pendapat dan keluhan yang sesuai dengan fakta, termasuk melalui media sosial. Meski begitu, Tulus mengingatkan agar masyarakat hati-hati sebelum menyampaikan pendapatnya.

"Harus waspada. Saya selalu mengingatkan untuk tetap berkomunikasi dengan pihak pelaku sebelum ditulis di media sosial."


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

KPK Minta Opini Alternatif, IDI Siapkan Pemeriksaan terhadap Novanto

  • Ratusan Warga Non-Papua Keluar dari Lokasi Konflik Tembagapura
  • Jokowi Minta DPD Dukung Pembangunan Daerah
  • Satgas Temukan Kayu-kayu Hasil Pembalakan Liar Hutan Lindung di Nunukan

“Jadi orang malah jadi keluar masuk untuk merokok, berapa waktu yang terbuang,” kata Tari Menayang dari Komnas Pengendalian Tembakau