32 Ibu Hamil di Situbondo Positif HIV

"Kita cari memang kalau wilayah lain mungkin tidak dicari, kalau Situbondo kita cari. Supaya prepentifnya itu jalan,”

Rabu, 09 Agus 2017 14:08 WIB

Ilustrasi (foto: Antara)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}

KBR, Situbondo- Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo Jawa Timur, menemukan 32 ibu hamil  positif mengidap  HIV. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Situbondo Abu Bakar Abdi,  hal itu dideteksi setelah sepanjang semester pertama 2017 Dinas Kesehatan melakukan Gerakan mobile VCT atau Voluntary Counseling Test, di seluruh Puskesmas.

Kata dia, jumlah itu diyakini masih akan terus bertambah,  mengingat kasus orang dengan HIV/AIDS  seperti fenomena gunung es.  Untuk itu, Dinas Kesehatan akan  fokus melakukan pendampingan medis bagi orang dengan HIV/Aids (ODHA), terutama bagi ibu hamil agar tak menular ke bayi yang dikandungnya.

“Ibu hamil ada setelah kita pendataan. Ini kan juga disinergikan dengan begitu hamil langsung kita cek darahnya ada 32. Tinggi. Kita cari memang kalau wilayah lain mungkin tidak dicari, kalau Situbondo kita cari. Supaya prepentifnya itu jalan,” kata Abu Bakar Abdi, Rabu (9/8/2017).

Kepala Dinas Kesehatan Situbondo Abu Bakar Abdi menambahkan, Hingga  Agustus  ini jumlah ODHA  di Kabupaten Situbondo mencapai 810 orang, sebanyak   66 orang di antaranya telah meninggal. Jumlah ini merupakan data sejak 2010 hingga 2017.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan

  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...
  • Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU
  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI

Moratorium Reklamasi, Menteri Siti : Pulau C dan D Kurang Satu Syarat, Pulau G Dua Syarat

  • Adik Bos First Travel Ikut Jadi Tersangka
  • Penembakan Deiyai, Tujuh Anggota Brimob dan Kapolsek Akan Jalani Sidang Etik Pekan Depan
  • Tuntut Pembatalan Perppu Ormas, Ratusan Orang Demo DPRD Sumut

Dalam Perbincangan Ruang Publik KBR kali ini, kita akan punya 5 topik utama, penasaran? ikuti perbincangan Ruang Publik KBR