BERITA

Virus Zika, Menkes Minta Pelabuhan Periksa Suhu Penumpang dari Singapura

Virus Zika, Menkes Minta Pelabuhan Periksa Suhu Penumpang dari Singapura

KBR, Jakarta- Menteri Kesehatan Nila Moeloek meminta kantor kesehatan pelabuhan (KKP) memeriksa penumpang dari Singapura yang demam sebagai antisipasi penyebaran virus Zika. Nila mengatakan,  pelabuhan sebagai gerbang masuk  merupakan saringan pertama apabila ada penumpang yang terindikasi menderita Zika.

Kata Nila, setiap individu memiliki tanggung jawab menjaga kebersihan agar terhindari dari nyamuk, karena virus Zika berasal dari serangga itu.

"Itu kan nyamuk, dan kita juga punya nyamuk. Berarti di Singapura pun kan bukan berasal dari Brazil, yang saya dengar. Kami juga mem-protect negara kita dari Singapura. Sehingga, tadi, KKP atau kantor kesehatan pelabuhan, kami minta untuk satu, mem-protect pelabuhan dan sebagainya. Kedua, kami juga memawas diri, karena kita juga bisa kan. Makanya saya minta dipromosikan tentang nyamuk ini. Jadi ya kebersihan juga," kata Nila di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Senin (29/08/16).


Nila mengatakan, pemerintah tengah menyiapkan langkah pencegahan bagi virus Zika. Sebagai langkah awal, kata dia, antisipasi berupa pemeriksaan orang yang baru mengunjungi Singapura dan mengalami demam perlu dijalankan. 


Kemarin, dikabarkan setidaknya 41 orang terinfeksi virus Zika di Singapura. Meski begitu, sebagian besar dari mereka sudah berangsung pulih. Sejak Mei, Singapura telah mengumumkan infeksi Zika pertamanya. Virus itu pertama kali dibawa oleh seorang pria yang sebelumnya telah bepergian ke Brazil. 


Editor: Rony Sitanggang

  • virus zika
  • Menteri Kesehatan Nila Moeloek

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!