BERITA

Minta Harga Diturunkan, Presiden Panggil 5 Menteri

""Sehingga betul-betul Mendag diminta Presiden memanggil importir untuk mengecek apa yang terjadi,""

Minta Harga Diturunkan, Presiden Panggil 5 Menteri
Ilustrasi: Pabrik Gula di Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: KBR/Hermawan S.)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Perdagangan untuk mengumpulkan semua importir gula pasir. Alasannya menurut Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, harga gula pasir hingga saat ini dipasaran masih sangat tinggi.

Kata dia harga gula pasir di pasaran saat ini mencapai angka 16 ribu rupiah per kilo gram. Sedangkan, Presiden Jokowi menginginkan harga gula pasir 12 ribu di tingkat konsumen.

"Ketiga banyak dibicarakan gula pasir. Ini naik harganya. Sehingga betul-betul Mendag diminta Presiden memanggil importir untuk mengecek apa yang terjadi," ujarnya kepada wartawan usai menemui Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (10/08).


Kata dia, banyak penyebab yang membuat harga gula pasir sulit turun. Diantaranya adalah banyak petani tebu yang mengalihfungsikan lahan tebu menjadi perkebunan lain dengan alasan kesejahteraan. Kata dia, permasalahan-permasalahan gula pasir ini sudah berlangsung sejak 60 tahun lalu.


"Memang gula itu sedikit lebih complicated, ada petani tebu dan BUMN-BUMN nya. Ada pabrik rafinasi yang gak ada kebunnya dan sebagainya. Itu  semua masih harus kita cari jalan keluarnya lagi. Kemudian ada importir yang kemudian sama dengan rafinasinya, mungkin gak sama. Mendag akan membicarakan jalan keluarnya dengan mereka," ujarnya.


Selain masalah harga gula pasir, pertemuannya dengan Presiden hari ini juga membahas harga beberapa komoditi pangan lainnya. Diantaranya kata dia, beras, bawang merah dan daging sapi potong. Untuk harga daging sapi potong kata dia, pihaknya mengakui kalau harganya masih cukup tinggi di pasaran setelah lebaran kemarin. Oleh karenanya kata dia, impor sapi dari negara Amerika Latin bakal dilakukan dalam waktu dekat. Jumlah sapi impor bakalan untuk tahun ini yang ditargetkan 600 ribu ekor.


"Kalau daging, itu harganya belum turun. Stabil tinggi ya. Itu namanya ramai lancar. Jadi kita akan membuka altenatif impor sapi bakalan dan juga indukan, itu bukan hanya dari Australia tapi juga dari Amerika Latin. Kemudian juga mengimpor dari India khususnya daging kerbau. Sehingga  harganya dalam sebulan ini akan turun," tambahnya.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta laporan perkembangan dari rencana kestabilan harga pangan dalam jangka pendek. Lima menteri pun dipanggil ke Istana Negara pada pagi ini. Menteri yang dipanggil dalam rapat tersebut adalah Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.


Editor: Rony Sitanggang

  • Harga komoditas
  • Presiden Jokowi
  • Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!