BERITA

Besok, Karyawan Perhutani se-Indonesia Demo ke Jakarta

Besok, Karyawan Perhutani se-Indonesia Demo ke Jakarta

KBR, Rembang - Para pegawai Perhutani di daerah siap menggelar demo ke Jakarta. Ketua Serikat Karyawan Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kebonharjo, Anwar Rifa’i mengatakan, masing-masing KPH di daerah nantinya akan mengirimkan 50 orang ke Jakarta. 

 

Kata dia, peserta demo berkumpul di setiap kantor KPH terlebih dahulu sebelum bertemu dengan pegawai Perhutani dari daerah lain di Jakarta.


“Ya memang yang disuarakan penyelamatan Perhutani. Bukan melebar kemana–mana, satu tujuan untuk Perhutani. Harapan kita agar kedepan Perhutani menjadi lebih baik dan kesejahteraan karyawan terpenuhi gitu, “ jelasnya.


Anwar Rifa’i menambahkan ada 3 lokasi yang akan dituju Serikat Karyawan Perhutani, besok pagi. Di antaranya Kantor Perum Perhutani, kantor Kementerian Kehutanan dan kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).


Menurutnya, ada beberapa tuntutan yang akan disampaikan dalam demo besok. Salah satunya soal perbaikan manajemen dan peningkatan kesejahteraan karyawan. Ia mencontohkan tentang penunjukan posisi Direktur Utama Perum Perhutani, idealnya berasal dari dalam Perhutani supaya memahami masalah.


Penunjukkan Direktur Utama Perum Perhutani dari partai politik, kata dia akan membuat perusahaan sulit maju karena akan ada tarik ulur kepentingan politik.

Baca juga: Pendiri 'Orangutan Foundation' Puji dan Kritik Jokowi


Editor: Sasmito

  • perhutani
  • Demo
  • pekerja
  • rembang

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Tri Bagus8 years ago

    Saya setuju... Perhutani perlu diselamatkan dari keterperukan kinerja dan manajemen. Semua harus diawali dari NIAT BAIK dan KEBERSAMAAN. Dengan rasa memiliki yang tinggi terhadap Perusahaan dari mulai level Top Manajemen hingga para pekerja dilapangan, diharapkan dapat memberikan dorongan untuk saling melakukan perbaikan disemua bidang kegiatan. Setiap orang bisa jadi Pemimpin tapi belum tentu Pandai Memimpin (sebagai leader). Untuk itu siapapun yang jadi Direktur Utama harus mampu dan memiliki jiwa kepemimpinan dan menguasai managerial dalam kelola perusahaan yang besar dan memiliki budaya seperti Perhutani. Baik dari orang dalam Perhutani sendiri maupun orang luar. Karena banyak juga orang Perhutani sendiri yang tak paham permasalahan Perhutani. Dengan kondisi ekonomi dan pasar global saat ini, perlu diawali dari penataan SDM yang berkompetensi di bidangnya. SDM yang mampu bekerja dan menangani segala permasalahan dibidangnya (bukan sekedar memerintah saja tapi tidak mampu memberikan solusinya). Reward & Punishment perlu ditegakkan secara adil tanpa terpengaruh dan memandang kelompok dan golongan tertentu. Perbaikan sistem yang GCG dan memberikan palayanan prima kesemua stake holder baik internal maupun eksternal. Selanjutnya melakukan Perbaikan, penataan, penggalian dan pemanfaatan potensi Sumberdaya yang telah dimiliki..... Siapapun yang memiliki dan menguasai tanah dipastikan akan memiliki kekayaan yang berlimpah asalkan mampu memanfaatkan dan memeliharanya. Salam & sukses.