Polda Jawa Tengah Batalkan Rencana Diskusi Sastra Erotika Enny Arrow

"Kami mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa akan ada diskusi bedah buku roman, tapi selama ini belum ada pemberitahuan kepada pihak kepolisian," kata Kapolda Jawa Tengah Condro Kirono.

Jumat, 21 Jul 2017 13:53 WIB

Agenda diskusi sastra erotika di Semarang, Jawa Tengah.

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}

KBR, Semarang - Diskusi Sastra Erotika karya Enny Arrow yang digelar Dewan Kesenian Semarang Jawa Tengah batal digelar karena ada larangan dari Kepolisian Daerah Jawa Tengah.

Sekretaris Dewan Kesenian Semarang (Dekase), Daniel Hakiki menjelaskan lokasi yang bakal dijadikan tempat diskusi didatangi aparat Kepolisian yang meminta diskusi dibatalkan. Pembatalan itu, kata Daniel, dengan alasan Polda Jawa Tengah mengkhawatirkan akan timbul kegaduhan dari penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Menurut rencana, kegiatan Diskusi Sastra Erotika karya Enny Arrow akan digelar pada Selasa, 25 Juli 2017 pukul 19.00 di Suraukami/Kopium Kafe Kota Semarang, Jawa Tengah.

"Informasi dari Komite Sastra, Agung Hima menyebutkan tempat rencana diskusi di Suraukami itu didatangi dari Polda untuk tidak menyelenggarakan itu, atau kalau toh menyelenggarakan, laporan dulu ke Polda," kata Daniel saat ditemui KBR di Taman Budaya Raden Saleh Semarang, Jumat (21/7/2017).

Daniel mengatakan diskusi tersebut sebenarnya bertujuan mendiskusikan karya Enny Arrow dari sisi sastra, bukan dari sisi pornografi, karena diskusi sastra merupakan agenda rutin dari Dewan Kesenian Semarng (Dekase) Komite Sastra.

"Untuk kawan-kawan dari Komite Sastra, sebenarnya ingin membahas dari sisi sastranya, tetapi memang kemudian nampaknya pemikiran kayak gitu tidak bisa diterima banyak orang," tambah Daniel.

Enny Arrow merupakan nama samaran dari seorang penulis novel erotis yang diduga bernama Enny Sukaesih Probowidagdo. Karya-karyanya dicetak dan diperbanyak secara stensil pada masa 1980.

Baca juga:


Sementara itu, Kepolisian Daerah Jawa Tengah menyebutkan alasan pelarangan diskusi Enny Arrow dikarenakan adanya laporan dari masyarakat.

Kapolda Jawa Tengah Condro Kirono mengatakan acara diskusi tersebut belum ada pemberitauan ke polisi.

"Kami mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa akan ada diskusi bedah buku roman, tapi selama ini belum ada pemberitahuan kepada pihak kepolisian," kata Condro saat ditemui KBR di Gedung Borobudur Mapolda Jawa Tengah, Jumat (21/7/2017).

Condro menambahkan Polda hingga saat ini belum bisa menemui panitia yang mengadakan acara diskusi sastra tersebut.

Ia menyatakan akan memberikan ijin penyelenggaraan kegiatan diskusi sastra itu setelah mengetahui konten diskusi sastra erotika itu.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres

  • SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh
  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh

Jokowi Segera Jadikan UKP PIP Setingkat Menteri

  • 2018, Pemerintah Fokus Tuntaskan Masalah Konektivitas di Papua
  • RSPI Sulianti Saroso Buka Rujukan ke RS Fatmawati dan RS Persahabatan
  • 7 Hari, Polisi Tangani 50 Kasus Penimbunan Pangan Jelang Natal

Dan tentu saja di akhir tahun dan menjelang akhir tahun, selalu ada yang baru dan berbeda yang akan dipersembahkan Alfamart pada para pelanggannya.