Pansel Komnas HAM: 28 Calon yang Lolos, Tak Berafiliasi dengan Organisasi Radikal & Parpol

Pansel Komnas HAM turut mempertimbangkan masukan dari pelbagai pihak termasuk koalisi masyarakat sipil dalam proses seleksi tahap ketiga.

Selasa, 04 Jul 2017 12:11 WIB

Pansel Komnas HAM mengumumkan 28 calon yang lolos seleksi tahap ketiga seleksi komisioner Komisioner Komnas HAM periode 2017-2022. (Foto: KBR/Ade Irmansyah)

KBR, Jakarta - Panitia Seleksi (Pansel) calon anggota Komnas HAM periode 2017-2022 meloloskan 28 orang pada seleksi tahap ketiga. Ketua Pansel Jimly Asshiddiqie memastikan, 28 nama itu merupakan sosok yang berintegritas dan kompeten di bidangnya. Selain itu, lanjutnya, calon-calon terpilih juga dipastikan independen dan tak berafiliasi dengan kelompok radikal maupun partai politik.

Jumlah itu merupakan hasil menyeleksi 60 calon yang sebelumnya menjalani dialog publik dan penelusuran rekam jejak. Pansel, menurut Jimly, turut mempertimbangkan masukan dari pelbagai pihak termasuk koalisi masyarakat sipil.

"Ada 4 hal kalau disingkatkan ada soal kompetensi, kapasitas, integritas dan independensi. Nah untuk memenuhi 4 hal itu kami sudah melakukan tracking. Kami sudah melakukan diskusi publik juga," tukas Jimly kepada wartawan di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa (4/7).

"Tracking dilakukan berkerja sama dengan CSO dan internal Pansel sendiri. Lembaga formal yang kami minta secara resmi seperti MA, Kepolisian, Kejagung, BIN, PPATK, KPK dan semuanya sudah memberikan laporan dan akhirnya kami putuskan 28 orang," jelasnya.

Baca juga:

Jimly melanjutkan, ke28 orang tersebut terdiri atas 23 laki-laki dan lima perempuan. Latar belakang calon pun beragam. Ia memerinci, 14 orang berasal dari LSM, tujuh orang dari keterwakilan Komnas HAM, Komnas Perempuan, Komnas Perwakilan, sementara empat orang merupakan akademisi dan peneliti, 1 orang pengacara, 1 orang TNI dan 1 orang birokrat.

"Pada aspek kualitas calon, sejumlah aspek yang dilakukan penilaian adalah terkait dengan kapasitas sebagai calon komisioner, integritas dalam pekerjaan sebelumnya, independensi (afiliasi dengan partai/organisasi), kualitas pekerjaan calon selama ini (termasuk penilaian pemberi rekomendasi), dan motivasi calon mendaftarkan diri."

Ditinjau dari domisili, 21 orang berasal dari Jabodetabek, sedang tujuh lainnya berasal dari luar Jadebotabek.

Selanjutnya, papar Jimly, para calon komisioner ini masih harus menempuh tahap seleksi berikutnya yakni tes psikologi, tes kesehatan, dan proses wawancara. Sesuai jadwal dan rencana kerja Pansel berharap mampu menyelesaikan seluruh rangkaian proses seleksi pada Agustus 2017.

Baca juga:

Berikut Nama-Nama ke 28 orang calon Komisioner Komnas HAM yang lolos seleksi tahap ketiga:

1. Ahmad T Damanik
2. Amirudin
3. Anggara
4. Antonio Pradjasto
5. Arimbi Herupoetri
6. Bahrul Fuad
7. Beka Ulung
8. Bunyan Saptomo
9. Choirul Anam
10. Dedy Askari
11. Fadillah
12. FX Rudy Gunawan
13. Hafid Abbas
14. Hairansyah
15. Haris Azhar
16. Imdadun Rahmat
17. Jones Manurung
18. Jushariksawan
19. Munafrizal Manan
20. Norman
21. Nur Ismanto
22. Rafendi Djamin
23. Roichatul
24. Sandra Moniaga
25. Sondang Frishka
26. Sri Lestari
27. Sudarto
28. Sumedi

Laporan hasil seleksi selanjutnya diserahkan dan dibahas dalam Sidang Paripurna Komnas HAM guna diteruskan kepada DPR RI. (ika)

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU

  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI
  • Bagi-Bagi Kopi di Filosofi Kopi 2
  • (Wawancara) Batal Temui Luhut, Senator Australia Kecewa
  • PDIP: Jika Tak Kompak Dukung Pemerintah, Silakan PAN Keluar Dari Koalisi
  • Indonesia Turki Sepakati Perangi Terorisme Lintas Negara

Hukuman Mati Maladministrasi, LBH Masyarakat Desak Jaksa Agung Dicopot

  • Kembali Tertunda, Sri Mulyani Tak Khawatir Kehilangan Momentum Redenominasi
  • Rekrutan Anyar City Gagal Debut di Liga Inggris
  • CEO Amazon Geset Bill Gates sebagai Orang Terkaya di Dunia

Fasilitas KITE IKM diharapkan menjadi jawaban untuk mendorong industri kecil dan menengah untuk terus bergeliat meningkatkan ekspor di tanah air.