HEADLINE

Fraksi Golkar Rapat Bahas Status Tersangka Novanto

"Pasca penetapan tersangka Setya Novanto, pimpinan Golkar perintahkan agar Fraksi di DPR tetap fokus mengawal agenda politik di Parlemen "

Fraksi Golkar Rapat Bahas Status Tersangka Novanto
Setya Novanto saat memberikan kesaksian di Pengadilan Tipikor Jakarta pada April 2017. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Pimpinan dan anggota Fraksi Partai Golkar di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelar rapat menindaklanjuti penetapan tersangka, Ketua DPR Setya Novanto. Setya ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka kasus dugaan korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Rapat yang digelar di Gedung Nusantara I, Komplek Parlemen ini dipimpin Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham dan Ketua Harian DPP Golkar, Nurdin Halid.

Menurut Nurdin, DPP akan memberi penjelasan mengenai situasi Golkar pasca penetapan Novanto. Ia ingin, Fraksi Golkar di DPR tetap fokus dan tidak kendur mengawal agenda politik di Parlemen.

"Ini kan sebuah situasi yang sangat memperihatinkan bagi Golkar. Namun, program partai dan fraksi tidak boleh mandek hanya karena ketua umum jadi tersangka. Jadi yang utama DPP ingin jelaskan kepada fraksi tentang posisi terkini partai dan mensolidkan fraksi menghadapi agenda politik di DPR," kata Nurdin di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (18/07/2017).

Saat ini, Fraksi Golkar tengah mengawal pembahasan Rancangan Undang-undang Pemilu dan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) tentang organisasi masyarakat. "Kami harus solid," ujarnya.

Sementara mengenai penggantian jabatan, menurut Nurdin, Golkar belum menyiapkan pengganti Setya Novanto baik untuk posisi Ketua Umum Partai maupun Ketua DPR RI. Golkar akan mengikuti proses hukum yang tengah berjalan. 

"Akbar Tandjung dulu Ketua DPR juga jadi tersangka, bahkan ditahan dan sudah di Pengadilan sampai kasasi. Pengalaman memberi warna tersendiri bagi Golkar menyikapi ini," ungkapnya. 


Editor: Damar Fery Ardiyan

  • Ketua DPR Setya Novanto
  • ektp
  • golkar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!