BERITA

10 Wisatawan Terluka Akibat Kawah di Kawasan Dieng Meletus

10 Wisatawan Terluka Akibat Kawah di Kawasan Dieng Meletus

KBR, Jakarta - Sebanyak 10 wisatawan terluka akibat letusan gas yang terjadi di Kawah Sileri, di Kawasan Wisata Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah, Sarwa Permana mengatakan, korban sudah dirawat di puskesmas setempat.

Kata dia, saat ini tim gabungan sudah diturunkan ke lokasi. Sementara warga yang berada di lokasi juga sudah dievakuasi.


"Terjadi ledakan tadi sekitar jam 11.30 WIB. Tingkat luncuran awalnya 50 meter, sekarang sudah mencapai 200 meter. Jumlah korban terluka 10 orang dan saat ini sudah dilarikan ke puskesmas setempat. Wisata sudah ditutup, masyarakat diminta keluar. Sementara ini BPBD, PVMBG, dan juga relawan--termasuk aparat keamanan sudah diterjunkan ke lokasi," katanya.


Sarwa Permana menjelaskan luka kesepuluh korban tidak parah. Menurutnya, sejak 24 Juni silam, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah merekomendasikan radius bahaya hingga 100 meter. 

Editor: Sasmito

  • Kawah Dieng
  • meletus
  • BPBD

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!