10 Wisatawan Terluka Akibat Kawah di Kawasan Dieng Meletus

Ledakan terjadi sekitar pukul 11.30 WIB dengan tingkat luncuran 50 meter.

Minggu, 02 Jul 2017 14:43 WIB

Warga di sekitar Kawah Sileri. Foto: BNPB

KBR, Jakarta - Sebanyak 10 wisatawan terluka akibat letusan gas yang terjadi di Kawah Sileri, di Kawasan Wisata Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah, Sarwa Permana mengatakan, korban sudah dirawat di puskesmas setempat.

Kata dia, saat ini tim gabungan sudah diturunkan ke lokasi. Sementara warga yang berada di lokasi juga sudah dievakuasi.

"Terjadi ledakan tadi sekitar jam 11.30 WIB. Tingkat luncuran awalnya 50 meter, sekarang sudah mencapai 200 meter. Jumlah korban terluka 10 orang dan saat ini sudah dilarikan ke puskesmas setempat. Wisata sudah ditutup, masyarakat diminta keluar. Sementara ini BPBD, PVMBG, dan juga relawan--termasuk aparat keamanan sudah diterjunkan ke lokasi," katanya.

Sarwa Permana menjelaskan luka kesepuluh korban tidak parah. Menurutnya, sejak 24 Juni silam, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah merekomendasikan radius bahaya hingga 100 meter. 

Editor: Sasmito

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU

  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI
  • Bagi-Bagi Kopi di Filosofi Kopi 2
  • (Wawancara) Batal Temui Luhut, Senator Australia Kecewa
  • PDIP: Jika Tak Kompak Dukung Pemerintah, Silakan PAN Keluar Dari Koalisi
  • Indonesia Turki Sepakati Perangi Terorisme Lintas Negara

Hukuman Mati Maladministrasi, LBH Masyarakat Desak Jaksa Agung Dicopot

  • Kembali Tertunda, Sri Mulyani Tak Khawatir Kehilangan Momentum Redenominasi
  • Rekrutan Anyar City Gagal Debut di Liga Inggris
  • CEO Amazon Geset Bill Gates sebagai Orang Terkaya di Dunia

Fasilitas KITE IKM diharapkan menjadi jawaban untuk mendorong industri kecil dan menengah untuk terus bergeliat meningkatkan ekspor di tanah air.