HEADLINE

Eksekusi Mati, Keluarga Terpidana Datangi Penjara Nusakambangan

" "Yang jelas pengamanan kan sudah disiapkan ya. Kapanpun pelaksanaan sudah disiapkan. Baik pengamanan jalur maupun nanti pengawalan dan sebagainya.""

Muhamad Ridlo Susanto

Eksekusi Mati, Keluarga Terpidana  Datangi Penjara Nusakambangan
Anggota keluarga terpidana mati tiba di Dermaga Wijayapura, Cilacap. Mereka menyeberang ke LP Nusakambangan Selasa pukul 14.00 WIB. (Foto: KBR/Muhamad Ridlo)



KBR, Cilacap– Belasan anggota keluarga dan kuasa hukum terpidana mati menyeberang ke Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Mereka tiba pukul 14.00 WIB menggunakan kendaraan Pemkab Cilacap dan langsung masuk ke ruang pemeriksaan. Kemudian, mereka menyeberang ke Nusakambangan dengan Kapal Pangayoman IV.

Pengamatan KBR di Dermaga Wijayapura, tampak keluarga asal Indonesia yang diduga keluarga Freddy Budiman, warga negara asing asal Afrika, dan perwakilan kedutaan besar Pakistan dan India.

Sekira pukul 14.30, satu peleton Sabhara Polres Cilacap juga sudah mulai menjaga bagian dalam halaman Dermaga Wijayapura.

Sebelumnya, pada pukul 13.30 rombongan perwira menengah Kepolisian Daerah Jawa Tengah juga tiba di Dermaga Wijayapura. Mereka terlihat mengecek persiapan penjagaan yang akan dilakukan di sekitar Dermaga Wijayapura.


Tampak dalam rombongan, Direktur Sabhara Polda Jateng, Tetra M Putra Wijayanto, Karo Binop, Tatang, Kabinopnal Imam Basuki, dan Kapolres Cilacap, Ulung Sampurna Jaya.

Dikonfirmasi terpisah, Juru Bicara Kepolisian Cilacap, Bintoro Wasono mengatakan pengamanan sudah mulai dilakukan. Namun dengan jumlah yang disesuaikan dengan situasi yang terjadi di lapangan.


"Yang jelas pengamanan kan sudah disiapkan ya. Kapanpun pelaksanaan sudah disiapkan. Baik pengamanan jalur maupun nanti pengawalan dan sebagainya. (Pengamanan ekstranya mulai   besok?) Pengamanan itu disesuaikan dengan kebutuhan. (Regu tembak sudah di Nusakambangan?) belum ada." Ujar Bintoro, Selasa (26/07).

 

Lebih lanjut, Bintoro Wasono menjelaskan hingga saat ini personil Polda Jawa Tengah yang akan terlibat dalam penjagan eksekusi tahap ketiga belum bersiaga di Cilacap. Begitu pula dengan regu tembak yang akan bertugas. Bintoro enggan menjelaskan berapa regu tembak yang disiapkan. Namun ia menegaskan, seluruh persiapan sudah dilakukan dan tinggal menunggu permintaan Kejaksaan Agung.


Editor: Rony Sitanggang

  • hukuman mati
  • Juru Bicara Kepolisian Cilacap
  • Bintoro Wasono

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!