BERITA

Dikabarkan Hilang, Dua Pendaki Gunung Slamet Ditemukan Selamat

Dikabarkan Hilang, Dua Pendaki Gunung Slamet Ditemukan Selamat



KBR, Banyumas – Dua pendaki Gunung Slamet asal Tegal yang dikabarkan hilang sejak Kamis (14/7/2016) lalu ditemukan dalam keadaan selamat.

Koordinator Pos Badan Search and Recue (Basarnas) Cilacap, Mulwahyono mengatakan, keduanya yakni Riza dan Anwar, ditemukan oleh petugas Dinas Pariwisata Guci di perlintasan jalur daki Guci Kabupaten Tegal, persis di batas vegetasi.


Lantaran kondisinya sangat lemah, dua pendaki kemudian dibawa oleh Tim Basarnas ke Rumah sakit terdekat. Keduanya diduga menderita hipotermia dan shock.


"Dua pendaki gunung yang kemarin dikhawatirkan hilang, tadi siang, sekitar jam 11 siang berhasil kita temukan dalam kondisi selamat. Jadi ditemukannya kurang lebih di atas jalur pendakian Guci. Dua kilometer di atasnya. Di perbatasan antara perkebunan teh dengan hutan," kata Koordinator Pos Badan Search and Recue (Basarnas) Cilacap, Mulwahyono, Senin (18/7/2016).


Mulwahyono menjelaskan, keduanya mengaku hampir mencapai puncak ketika terjadi cuaca buruk. Kemudian keduanya memutuskan turun. Namun, kabut menghalangi jarak pandang sehingga mereka tersesat. Ketika cuaca membaik mereka memutuskan mengikuti satu jalur yang mengarah ke Guci.


Badai dan cuaca buruk menurut Mulwahyono, amat membahayakan pendaki. Bahkan, tim gabungan yang terdiri dari Basarnas dan potensi SAR yang ada di wilayah setempat terpaksa mendirikan empat base camp dalam upaya pencarian. Hal ini untuk mengantisipasi kehilangan jalur saat melakukan pencarian dalam kondisi tak menentu.


Dua pendaki, yakni Rizal (16) dan Anwar (17) berangkat mendaki sejak Kamis (14/7/2016) siang. Keduanya diketahui menyusul rombongan rekan pendaki asal Tegal yang sudah mendaki sejak Kamis pagi. Namun, lantaran hujan deras dan angin kencang, rombongan awal membatalkan pendakian ke puncak dan memutuskan turun ke bawah. Sementara, Rizal dan Anwar dilaporkan beristirahat di tengah perjalanan pada pada Kamis malam.


Namun, sejak Jumat pagi hingga Minggu siang keduanya tidak bisa dihubungi. Diduga kuat keduanya tersesat di jalur arah puncak.





Editor: Quinawaty 

  • dua pendaki gunung slamet
  • ditemukan selamat
  • Koordinator Pos Badan Search and Recue (Basarnas)

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!