HEADLINE

Macet di Tol? Menhub Imbau Gunakan Jalur Non-Tol

""Jalan pantura itu keren banget, kosong.""

Macet di Tol? Menhub Imbau Gunakan Jalur Non-Tol
Kendaraan pemudik melintasi jalur pantura di Jalan Klari, Karawang, Jawa Barat, Selasa (12/6). (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengimbau kepada masyarakat agar tidak terfokus menggunakan jalan tol selama arus mudik lebaran 2018. Sebab kondisi jalan nontol layak dilalui kendaraan.

Pernyataan tersebut disampaikan setelah ia mengevaluasi terjadi kepadatan di beberapa titik pada ruas tol pada Selasa malam hingga Rabu pagi. .


"Sebenarnya nanti waktu mudik jangan selalu di jalan tol. Jalan pantura itu keren banget, kosong. Kemarin saya itu dari Cikopo sampai Cirebon kosong. Saya pikir manajemen lalu lintas harus lebih baik," kata Budi Karya di Jembatan Kalikuto, Gringsing, Kabupaten Batang, Rabu (13 / 06 / 2018).


Budi memprediksikan pada Rabu ini, atau H - 2 lebaran akan terjadi puncak arus mudik kedua, sehingga Budi meminta masyarakat lebih berhati-hati. Apalagi, dengan dengan dibukanya jalur tol Jakarta-Surabaya, antusiasme masyarakat untuk mudik lebih tinggi.


Berdasarkan evaluasi sementara, pemerintah berencana akan memperbanyak 5 hingga 10 tempat beristirahat di jalur tol.


Selain itu, Budi pun berjanji pemerintah akan melakukan perbaikan terhadap pelayanan publik yang ada, agar program mudik gratis yang diberikan pemerintah dapat menarik minat masyarakat. Rencananya, pada  2019, Kementerian Perhubungan akan menambah kuota mudik gratis melalui jalur darat hingga 3 kali lipat, dan melalui jalur laut 3 kali lipat (tergantung dari jumlah kapal).


Editor: Rony Sitanggang

  • mudik lebaran 2018
  • Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
  • tol macet

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!